arrow_upward

Alhamdulillah, Sumbar Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2021

Tuesday, 4 May 2021 : 12:14

 


Padang, Analisakini.id- Provinsi Sumatera Barat menyabet peringkat pertama pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021. Tidak hanya tingkat provinsi, Kota Padang juga menerima titel terbaik.

Penghargaan itu, diumumkan bersamaan dengan Musrenbangnas 2021, yang diselenggarakan melalui teknologi video conference, Selasa (4/5/2021). Kegiatan itu, dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri juga oleh Wapres Ma'ruf Amin.

Melalui teknologi maya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Soeharso Monoarfa mengumumkan pemenang PPD 2021. Sumatera Barat  menjadi yang terbaik karena inovasi-inovasi pembangunan daerah yang dilakukan.

Pemberian penghargaan itu, kata dia, merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada daerah atas prestasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan setiap tahun.

Kementerian PPN/Bappenas sudah memberikan penghargaan itu sejak tahun 2011.

Dari pemaparan dalam Musrenbang Nasional itu disebutkan, penilaian menggunakan metode kulitatif-kuantitatif yang dievaluasi secara kolektif dan berjenjang dengan melibatkan ahli lintas bidang.

Adapun objek dan ruang lingkupnya adalah proses penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah, kualitas dokumen perencanaan daerah, pencapaian pembangunan daerah dan inovasi pembangunan.

Sementara itu, di kategori kota, Ibukota Sumatera Barat, Padang  menjadi pemuncak kedua setelah Kota Semarang.



Gubernur Sumbar Mahyeldi menyambut baik penghargaan tersebut. Bagi pemerintahannya ini adalah amanat untuk bisa melakukan perencanaan lebih baik.

“Saya terima kasih kepada kawan-kawan ASN, kelompok, perguruan tinggi dan civil society yang sudah membantu," ujar Mahyeldi.

Ke depan, ia berharap bisa lebih responsif dan memperhatikan lebih banyak sektor. Itu untuk menjamin usulan semua sektor bisa tertampung secara maksimal.

“Yang harus kita lakukan adalah lebih responsif nantinya, predictable (terprediksi) dalam perencanaannya dan memerhatikan banyak sektor,” kata dia. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved