arrow_upward

Perusahaan di Pasaman Barat Diminta Laksanakan Program CSR

Sabtu, 03 April 2021 : 14.20

 

Yudesri.


Pasaman Barat, Analisakini.id
- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) H. Hamsuardi. S. Ag melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Yudesri. S.IP., M.Si meminta perhatian seluruh perusahaan di Pasbar, agar melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Seperti diketahui, program CSR menjadi tanggung jawab seluruh perusahaan, yang diatur dalam UU Nomor 40/2007 dan PP Nomor 47/2012. 

"Setiap perusahaan yang memiliki daerah operasional di lingkungan masyarakat setempat, harus punya kepedulian dalam penyaluran program CSR. Karena, didalam CSR ini sudah diatur dalam undang-undang yang mengatur tentang perusahaan perseroan terbatas. CSR ini menjadi penting dalam rangka mensejahterakan masyarakat sekitar perusahaan," ungkap Yudesri, Saptu (3/4/2021).

Menurutnya, CSR sebagai solusi yang tepat untuk menghindari gejola sosial masyarakat. Ia lalu mencontohkan sering terjadi polemik pada masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Terkadang, dipicu lantaran kurang maksimalnya program CSR kepada masyarakat sekitarnya.

Mengenai program CSR perusahaan-perusahaan diwilayah Pasbar ini, ia menilai sejauh ini belum transparan diberikan kepada masyarakat.

"Padahal, setiap tahun perusahaan wajib meegeluarkan dana CSR untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Bentuknya bisa berupa dana segar, pelatihan-pelatihan, bantuan pengadaan pendidikan atau bantuan sarana pisik. Tapi kami menilai sejauh ini masih ada perusahaan di Pasbar yang tidak transparan. Misalnya, dalam satu tahun beraoa besar dana CSR yang dikeluarkan lerusahaan," paparnya.

Ditambahkannya, sejauh ini CSR tiap-tiap perusahaan belum berjalan sesuai yang diaharapkan masyarakat. Perusahaan harusnya lebih transparan dalam mengelola anggaran CSR. 

"CSR itu penting sekali, agar masyarakat sekitar turut menikmati hasil dan keuntungan yang diperoleh perusahaan. CSR juga berdampak positif untuk menghindari gejolak tuntutan masyarakat," jelas dia.

Menurutnya, mengenai bentuk penyaluran Program CSR, pihak perusahaan bisa bekerja sama dengan aparat pemerintah di tingkat nagari/sesa, kecamatan dan kabupaten. 

"Jika Program CSR seluruh perusahaan di Pasbar berjalan dengan baik, transparansi dan akuntabel, maka dapat terciptanya hubunga harmonis antara perusahaan dengan masyarakat sekitarnya," tandasnya. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved