arrow_upward

Ketua Komisi I DPRD Sumbar : ASN Harus Mampu Berikan Pelayanan Berkualitas pada Masyarakat

Sabtu, 10 April 2021 : 12.36
Ketua Komisi I DPRD Sumbar Syamsul Bahri saat meninjau Kantor Camat Sungai Beremas (bisri)


Pasaman Barat, Analisakini.id -
Pegawai pemerintahan adalah aparat birokrasi yang juga sebagai abdi masyarakat, dan harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Khusus dalam pelayanan administrasi kependudukan, pegawai harus bisa bersikap profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

"Masyarakat yang datang ke kantor kecamatan, baik untuk mengurus perekaman data KTP dan membuat SKPWNI harus diberikan pelayanan yang prima dan berkualitas, apakah ini sudah terlaksana," ungkap Ketua Komisi I DPRD Sumatera Barat, Syamsul Bahri, kepada wartawan, Sabtu (10/4/2021), usai melaksanakan monitoring Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Camat Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.

Dari pertanyaannya itu, Syamsul Bahri, menjawab terlaksananya pelayanan yang prima terhadap masyarakat, tidak cukup dengan sikap profesional saja. Namun, harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup.

"Saya sudah kunjungi Kantor Camat Sungai Beremas dalam rangka monitoring Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), sangat mengecewakan," tegas Politisi PDI Perjuangan Sumatera Barat itu.

Saat monitoring itu jelas Syamsul, sangat kecewa. Soalnya, pelayanan  Adminduk di Kantor Camat Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat belum maksimal. Masih banyak yang harus dibenahi dan diupgrade terkait pelayanan administrasi kependudukan.

"Pelayanan kurang sempurna, seperti untuk merekam KTP saja tidak bisa, karena peralatan rekan dan cetak KTP tidak siap, gimana mau pelayanan yang baik," ungkapnya lagi.

Selain itu, Syamsul juga menyampaikan sarana dan prasarana kantor Camat Sungai Beremas harus segera difasilitasi. "Ini satu-satunya kantor camat terjelek di Sumatera Barat," tandas Syamsul serasa kecewa.

Kedepan kata Syamsul, terkait bangunan dan perlengkapan di Kantor Camat ini harus bisa dianggarkan, dan ini sudah menjadi bagian dari program saya kedepan, begitu juga hendaknya Bupati Pasaman Barat.

"Kalau tidak segera diselesaikan, bagaiman melayani masyatakat dengan baik. Karena, kita sudah melihat langsung kondisi sangat mengecewakan," pungkasnya.

Dari hasil monitoring inilah, dia berharap kepada Bupati Pasaman Barat agar mnganggarkan pembangunan gedung dan melengkapi sarana dan prasarana. Demi tercapainya pelayanan prima terhadap masyarakat.

"Semoga, Tahun 2022 nanti, Pemkab Pasbar bisa menganggarkan pembangunan kantor camat dan melengkapi sarana dan prasarana pendukung, guna jelancaran adminkstrasi kependudukan diwilayah Kecamatan Sungai Beremas ini,"harapnya.

Sebagai gambaran, Kantor Camat Sungai Beremas dibangun sebelum pemekaran Kabupaten Pasaman Barat. Hingga sekarang belum pernah mendapat perhatian. "Bangunan lama ini harus menjadi perhatian serius, baik Pemkab Pasbar maupun DPRD Sumbar," tandasnya. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved