arrow_upward

Ini Bahaya Narkoba

Sabtu, 03 April 2021 : 14.14

 

Bisri Batubara.

Oleh Bisri Batubara

Pasaman Barat, Analisakini.id - Narkoba merupakan zat kimia yang biasanya digunakan untuk merawat kesehatan. Zat ini akan bekerja dengan memengaruhi susunan saraf sentral. Jika disalahgunakan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Perhatikan bahaya narkoba bagi kesehatan berikut ini. Narkoba disebut juga narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang, dan zat aditif. Narkoba paling populer di Indonesia, yakni ganja, sabu, ekstasi, dan heroin. Narkoba akan menyebabkan efek kecanduan secara fisik dan psikis sehingga, tidak heran jika banyak bahaya narkoba bagi kesehatan.

Bahaya narkoba bagi kesehatan yang harus lebih diperhatikan, yakni kerusakan sel otak. Narkoba akan berpengaruh pada bagian otak yang bertanggung jawab atas ‘kehidupan’ perasaan. Bagian ini disebut sistem limbus pada hipotalamus. Hipotalamuslah yang selama ini memunculkan perasaan nikmat ketika mengonsumsinya. Sebab, hipotalamus merupakan pusat kenikmatan pada otak.

Pemerintah dari berbagai lini mengkampayekan tentang bahaya narkoba. Namun, sangat disayangkan semakin gencarnya upaya pemerintah melalui Pihak polisian dan di bantu oleh berbagai lembaga untuk memerangi peredaran narkoba melalui media, baik elextronik, Cetak Dan Online yang memberitakan tentang pemberantasan narkoba, juga tidak sedikit bandar narkoba yang di hukum mati bahkan meregang nyawa di terjang timah panas petugas, belum lagi teriring mati sia-sia oper dosis bagi pemuja barang haram tersebut.

Tidak dipungkiri, peredaran narkotika saat ini tidak lagi di perkotaan, bukan rahasia umum saat ini narkoba sudah masuk ke pelosok-pelosok. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved