arrow_upward

Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri, Ini Pesan Kapolda di Pasaman Barat

Selasa, 13 April 2021 : 10.52

 


Pasaman Barat, Analisakini.id - Situasi aman, selamat, tertib dan lancar dalam berlalu lintas menjadi dambaan bagi setiap orang, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021M.

Untuk mewujudkan Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamselticarlantas) Kepolisian Resort (Polres) Pasaman Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2021 di Mapolres Pasaman Barat, Senin (12/4/2021).

Dalam apel gelar pasukan, Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi. S.Ik. MH yang diwakili Kabag Ops Kompol Muddasir, SH, MH membacakan amanat Kapolda Sumatera Barat yang mana, dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 serta di tengah pandemi virus corona (covid -19) utamakan kegiatan Preemtif dan Preventif disertai Gakkum Secara Selektif Prioritas.

"Laksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi/ tempat kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19, serta menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya kamseltibcar lantas dan pencegahan penularan virus covid-19," sebutnya.

Adapun yang bisa dilakukan berupa, kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pemasangan spanduk, benner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta menginformasikan melalui midia cetak, elektronik dan media sosial. 

"Dalam pelaksanaannya, harus mempedoman standar operasional presedur operasi kepolisian, sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan kepolisian Nomor 1 Tahun 2019, manajemen, standar keberhasilan operasional Kepolisian Nagara Republik Indonesia serta ketentuan peraturan lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok polri," sampainya juga.

Selain itu, Kompol Muddasir juga berpesan agar tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam melalukan tindakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas. Karena, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Apabila kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas sudah mengikuti aturan, itu akan menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas dijalan raya," paparnya lagi.

Selain lalu lintas, Kompol Muddasir juga katakan bahwa, dengan kegiatan ini nantinya bisa menekan terjadinya perkara Curanmor, Curat serta Curas (3C), di wilayah hukum Polda Sumbar, terkhusus di Kabupaten Pasaman Barat.

"Operasi keselamatan ini akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai tanggal 12 s/d 25 april 2021. Di mana sasaran dari operasi ini antara lain masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas serta masyarakat yang belum memahami tentang larangan mudik lebaran tahun 2021," tegasnya.

Diketahui, pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2021 diikuti oleh personel TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub, Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat. Selain itu, apel gelar pasukan juga dihadiri Forkopimda Pasaman Barat antara lain Bupati, Dandim 0305 Pasaman, Kepala Kejari, serta Kapolsek lingkup Polres Pasaman Barat. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved