arrow_upward

Benny Warlis, Pj. Sekdaprov Sumbar, Birokrat Berkarir Manis

Jumat, 16 April 2021 : 23.40

 

Benny Warlis.

Padang, Analisakini.id- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Benny Warlis di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (16/4/2021).

Asisten II Setdaprov  Sumbar itu sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Sumbar menggantikan Sekdaprov Alwis yang pensiun pada Kamis (1/4/2021).

Gubernur Sumbar Mahyeldi sebelumnya  mengusulkan Benny Warlis sebagai Pj. Sekdaprov untuk mengisi kekosongan jabatan strategis itu sejak 1 April pasca pensiunnya Alwis.

 Benny akan menjabat sebagai Pj Sekda Sumbar hingga adanya penunjukan Sekdaprov definitif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mahyeldi dalam pelantikan itu, mengatakan tugas harus dilakukan dengan sebaiknya karena penjabat Sekda sesungguhnya sama tugasnya dengan pejabat definitif.

Benny sebelum ditunjuk Gubernur Mahyeldi sebagai plh Sekdaprov mulai 1 April 2021, sejak 1 Januari 2021 juga ditunjuk Gubernur Sumbar sebelumnya Irwan Prayitno sebagai Plt. Kepala Inspektorat Sumbar menggantikan Mardi yang pensiun per 1 Januari 2021. Sejak 1 April itu pula, plt Kepala Inspektorat dipindahkan kepada Sekretaris Inspektorat Sumbar Betty Vetria.

Benny yang sebenarnya berkarir cukup lama di Pemko Payakumbuh dengan jabatan terakhir sebagai Sekdako, juga diamanahkan sebagai Komisaris Utama Bank Nagari sejak 16 Maret dalam RUPS LB Bank Nagari.

Karier Benny di Pemerintahan tidak hanya sarat pengalaman tapi juga manis. Di Payakumbuh, cukup banyak SKPD yang dipercayakan kepada alumni SMA 3 Padang dan alumni Fakultas Pertanian Unand ini. 

Saat Walikota Payakumbuh dipegang Josrizal Zain, dia terakhir menjabat Kepala Dinas Pertanian. Hebatnya, istri Benny, Merry Yuliesday dipercaya pula menjadi Kepala Dinas Kesehatan di Pemko Payakumbuh. Jadi suami istri  jadi pejabat eselon 2 di Pemko Payakumbuh. Jarang-jarang begini terjadi. Bukti pasangan ini memang diperlukan dan dibutuhkan Pemko Payakumbuh.

Saat Walikota Payakumbuh dipimpin Riza Falepi, Benny promosi menjadi Sekdako. Segan atau entah kenapa, sang istri yang jadi Kepala Dinas Kesehatan dipindahkan menjadi Direktur RSUD di sana. Tentu sudah didiskusikan dengan sang bos, Riza Falepi.

Pada 2016, sang istri diamanahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebagai Kadis Kesehatan, pada 22 Agustus 2018, Benny pun menyusul sang istri ke Pemprov. Dia dilantik menjadi Asisten II Setdaprov.

Saat pelantikan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sempat berseloroh. Pelantikan Benny Warlis luar biasa, didampingi oleh pejabat eselon 2 Pemprov pula. Tapi ini bukti, pasangan Benny-Merry memang dibutuhkan dalam pemerintahan.

Kini, Gubernur Sumbar berganti dari Irwan Prayitno ke Mahyeldi, kepercayaan pimpinan kepada Benny tetap jadi pegangan, hingga menjadi Pj.Sekdaprov. 

Sekali lagi, ini bukti Benny adalah sosok ASN yang bekerja profesional sehingga siapa pun "bos" nya, dia tetap dipakai.

Benny yang sejak empat tahun terakhir juga sering berikan tausiyah, bahkan di medsos seperti YouTube mendapat respon positif dari publik, adalah contoh tauladan bagi ASN. 

"Biasa-biasa saja. Yang penting sebagai ASN kita sudah disumpah. Lakukanlah tugas dengan tulus, ikhlas dan enjoy. Jangan lupa selalu minta petunjuk kepada Allah SWT. Pekerjaan kita sukses bukan karena kita seorang, tapi banyak orang. Maka teamwork adalah kuncinya," ucap Benny. (ef)



 


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved