arrow_upward

Wagub Sumbar Audy Joinaldy Minta Dekranasda Perkuat Industri Kerajinan Bernilai Seni dan Budaya

Rabu, 03 Maret 2021 : 20.21

 

Wagub Sumbar Audy Joinaldy memberikan sambutan. (humas).

Padang, AnalisaKini.id-Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy minra Dekranasda  dapat lebih bergerak di sektor handicraft (kerajinan) untuk kemajuan industri ini di Sumbar.

"Kita berharap, pengurus baru dapat memanfaatkan kesempatan yang terbuka luas di Sumbar. Kita berharap pula Dekranasda kabupaten/kota segera membentuk Kepengurusannya dan mulai bekerja dengan baik meskipun saat ini kini masih berada dalam situasi Pandemi Covid-19," kata Audy saat menghadiri pelantikan pengurus (Dekransda) Provinsi Sumbar masa bakti 2021-2024, Rabu (3/3/2021).

Wagub menyebut ada tiga hal yang mesti dilakukan di tubuh Dekranasda yaitu Pertama, selalu bersinergi dengan program pusat dan program lainnya dengan mitra Kerja lain di daerah.  Kedua, tingkatkan kepedulian, pembinaan dan pengembangan industri kerajinan di Sumbar dan Ketiga, mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya para pengusaha/pengrajin.

Selain itu, produk kerajinannya dapat menjadi mata pencarian sambilan bagi para pengrajin. Berbagai produk kerajinan yang menjadi unggulan Sumbar seperti produk tenun, songket, bordir serta sulaman. Bahkan Sumbar ditetapkan sebagai sentra sulam dan bordir Indonesia. 

Maka lahirlah beberapa produk kriya Sulam seperti Kapalo Samek, Suji Caia, Sulam Bayang, Sulam Benang Mas, serta Bordir Kerancang.  Hasil kriya ini bahkan telah memecahkan record Nasional MURI dan bahkan dunia untuk kategori Sulam Terpanjang dengan panjang 20 meter.  

"Hal ini membuktikan, hasil karya Sumbar sudah diakui berbagai pihak, baik untuk desain, pembuatan, maupun kualitas itu sendiri. Untuk itu mari kita kembangkan dan dilestarikan," ajaknya.

Audy juga berterima kasih kepada Ketua Dekranasda Sumbar kepengurusan periode sebelumnya di bawah kepemimpinan Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno yang telah memimpin Dekranasda selama 10 Tahun untuk mengangkat dan mengharumkan nama industri kerajinan Sumbar hingga ke mancanegara.  

"Untuk itu, kami berharap kepada Ibu Hj.  Harneli Mahyeldi dan pengurus termasuk Dekranasda Kab/Kota kiranya terus berupaya dan bekerja lebih keras lagi dalam mengangkat dan mengembangkan industri kerajinan Sumbar sehingga keberadaannya dikenal lebih luas lagi baik Nasional maupun Internasional," katanya.

Sementara itu Hj. Harneli Mahyeldi yang baru dilantik Ketua Dekranasda Sumbar mengatakan pelantikan pada hari ini bukan merupakan seremonial semata-mata, namun tersimpan beban beban dan tanggung jawab yang sangat besar terutama dalam pengembangan produk kerajinan unggulan daerah di tengah situasi Pandemi Covid-19.  

"Kita menyadari produk-produk kerajinan itu merupakan suatu nilai budaya bangsa yang harus kita hargai dan lestarikan," ujar Harneli.

Sebelumya Audy juga mengucapkan selamat kepada Ibu Hj. Harneli Mahyeldi yang baru saja dilantik sebagai Ketua Dekranasda Sumbar masa bakti 2021-2024, oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Ibu Hj.Wury Ma'ruf Amin. (ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved