arrow_upward

Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Epidemiolog: Kita Sudah Telat Respon

Rabu, 03 Maret 2021 : 19.50

 


Ilustrasi Covid-19.


Jakarta, AnalisaKini.id-
Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menyatakan masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia merupakan bukti lambatnya respons dan antisipasi pemerintah akan perkembangan virus corona.

Sejak Desember 2020, Dicky menduga varian baru virus ini sudah masuk ke Indonesia. Hanya saja, kata dia, mutasi tersebut terlambat diketahui lantaran jumlah testing dan sistem deteksi dini Covid-19 Indonesia belum memadai. "Kita sudah telat respons hampir tiga bulan," ujar Dicky Rabu (3/3/2021) seperti dikutip dari tempo.co.

Ancaman strain baru virus ini, kata Dicky, bisa memperburuk keadaan jika tidak berhasil ditangani dengan baik. "Strain baru ini seperti epidemi di tengah pandemi," ujar dia.

Untuk itu, kata Dicky, pemerintah diminta belajar dari pengalaman sebelumnya. Harus merespons situasi dengan cepat dan tepat, tapi juga berbasis saintifik.

"Hal itu yang sayangnya belum ada, seperti ancaman baru ini kan sudah diingatkan, kita harus perkuat screening di pintu masuk. Isolasi dan karantina enggak cukup lima hari. Harus 14 hari," ujar dia.

Masuknya varian baru virus Covid-19 diumumkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, kemarin. Belakangan diketahui, virus itu dibawa oleh dua pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKI dari Arab Saudi yang tiba di Jakarta pada akhir Januari lalu. Dua orang itu kini masih menjalani isolasi di Karawang, Jawa Barat.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut penelusuran terhadap kontak erat mereka tengah dilakukan. Menurut Wiku, terkait kasus ini pemerintah sudah membuat sistem barier berlapis-lapis.

"Maka jika memang ada kasus varian baru tersebut, maka petugas di lapangan segera mengisolasi. Upaya ini berusaha untuk menjamin kasus positif harus menjadi negatif terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan aktivitasnya demi mencegah penularan yang lebih luas," tutur Wiku ihwal temuan varian baru Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengonfirmasi  mutasi virus corona B.1.1.7, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, kini telah ditemukan di Indonesia.

Pengumuman tersebut disampaikannya dalam acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/Brin, Selasa (2/3/2021).

"Tadi malam, saya mendapatkan informasi, dalam tepat satu tahun (pandemi), hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7, UK (United Kingdom) mutation, di Indonesia," kata Dante seperti dikutip dari kompas.com.(***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved