arrow_upward

TMMD ke-110 di Nagari Salibutan Padang Pariaman Buka Jalan Baru 2,5 Kilometer

Selasa, 02 Maret 2021 : 21.35


Padang Pariaman, AnalisaKini.id- Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang,membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110/2021 Padang Pariaman, di Aula Kantor Bupati, Parit Malintang, Selasa (2/3) pagi.
Menurut Wabup Rahmang, adanya TMMD sangat membantu Pemerintah Daerah dalam upaya membuka akses kawasan yang masih terisolasi di nagari. “TMMD dengan prajurit TNI diharapkan juga mampu memotivasi dan membangkitkan kembali semangat gotong royong di nagari,” kata Wabup Rahmang.
Hadir dalam pembukaan TMMD ke-110 ini Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar  H. Syafrizal Ucok, Kasrem 032 Wirabraja Kolonel (Inf) Amrizen, SE., Kasi Ter Korem 032/WBR Kolonel (Kav) Husnizon, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar Besri Rahmad, MM., Plt Kadis Koperasi UKM Sumbar Nasrizal, Kepala OPD Padang Pariaman dan tokoh masyarakat Nagari Salibutan, Kec. Lubuk Alung.
TMMD ke-110/2021 ini berlokasi di Korong Lipek Pageh dan Korong Gamaran, Nagari Salibutan, Kec. Lubuk Alung. Sasaran pokoknya adalah membuka jalan baru sepanjang 2,5 kilometer, sehingga dapat menghubungkan Lipek Pageh dan Gamaran dengan kendaraan roda empat.
Menurut Dansatgas TMMD ke-110 Letkol (CZI) Titan Jatmiko, sasaran pokok ini dilengkapi dengan pembangunan fisik lainnya seperti membuat jembatan kecil dan gorong gorong. “Pekerjaan fisik dari TMMD ke-110 ini sudah mulai dikerjakan prajurit TNI bersama masyarakat dengan Pra TMMD sejak 8 Februari lalu. Rencananya TMMD akan berlangsung satu bulan hingga akhir Maret mendatang,” kata Letkol CZI Titan Jatmiko yang sehari-hari adalah Dandim 0308 Pariaman.
Selain sasaran fisik, TMMD ke-110 di Nagari Salibutan juga memiliki program non-fisik berupa penyuluhan pertanian untuk petani, penyuluhan anti narkoba di kepada generasi muda, penyuluhan kesehatan dan upaya pencegahan serta pengendalian pandemi Covid-19.
Sementara itu Kepala Dinas PMD Sumbar H. Syafrizal Ucok, mengatakan,  TMMD ke-110 tahun 2021 dilaksanakan pada dua lokasi yaitu di Nagari Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman dan Desa Bukit Pamewa, Kec. Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Pemprov Sumbar, kata Syafrizal Ucok, setiap tahun selalu membantu pelaksanaan TMMD dengan leading sektor Dinas PMD. Selain itu melalui Rakor TMMD seluruh OPD membantu dengan material dan program kegiatan. “Tradisi kita adalah TMMD dibantu secara keroyokan oleh seluruh OPD Pemprov, termasuk bantuan dari PT Semen Padang dan Bank Nagari,” kata Syafrizal Ucok, yang didampingi Kabid Kerjasama dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Vera Irawati, sekaligus pada acara pembukaan semua bantuan Pemprov itu diserahkan secara simbolis oleh Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok kepada Dandim Letkol CZI Titan Jatmiko.
Direncanakan tahun  ini masih ada tiga kali lagi pelaksanaan TMMD, yaitu di TMMD ke-111 di  Limapuluh Kota dan TMMD ke-112 di  Agam dan Kabupaten Solok. “Kita sedang rancang juga pelaksanaan TMMD bersamaan dengan KKN dalam Pola KKN Terpadu. Dinas PMD sudah MoU dengan Perguruan Tinggi untuk mewujudkan KKN Terpadu pada tahun anggaran 2022,” kata Syafrizal Ucok, yang merupakan Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2005-2010. (015)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved