arrow_upward

Tenaga Ahli Jerman Tiba di Padang, Siap Percantik Sungai Batang Arau

Senin, 29 Maret 2021 : 17.38
Plt. Walikota Padang Hendri Septa bincang-bincang dengan Mr. Michell Rohmann seorang tenaga ahli dari GIZ-Jerman saat meninjau sungai Batang Arau di jembatan Siti Nurbaya. (humas)

Padang, AnalisaKini.id-Mr. Michell Rohmann seorang tenaga ahli dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM) tiba di Padang. Setiba di Padang pria berkebangsaan Jerman itu pun meninjau Sungai Batang Arau, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Senin (29/3/2021).

Kedatangan Michell Rohmann disambut hangat oleh Plt Walikota Hendri Septa beserta jajaran. Tampak hadir dalam kesempatan itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi dan Kabag Kerjasama Erwin. M serta lainnya.

Seperti diketahui, Michell merupakan seorang 'hydrologist' yang bakal berperan sebagai 'integrated expert' untuk mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah sungai Batang Arau) di Padang. 

Hendri Septa mengungkapkan, atas nama Pemerintah Kota Padang dan warga Padang tentu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan selamat datang atas hadirnya Mr. Michell Rohmann di Padang. Beliau merupakan seorang tenaga ahli yang akan memberikan transfer ilmu dan hal penting lainnya dalam upaya peningkatan pengelolaan limbah sungai di Kota Padang.

"Upaya peningkatan kebersihan dan kualitas air sungai di Padang ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerjasama Sister City (Kota Kembar) yang telah terjalin antara Padang-Hildesheim (Jerman). Kontrak kerja bagi Mr. Michell Rohmann ini selama 2 tahun terhitung dari awal masa kerja yang resmi dimulai pada hari ini, " ungkap Hendri sewaktu meninjau Sungai Batang Arau dari atas Jembatan Siti Nurbaya.

Sekaitan kehadiran Mr. Michell Romann di Padang, orang nomor satu di Padang itu pun berharap bakal terwujudnya apa yang diharapkan dan diidam-idamkan warga Padang selama ini. Yaitunya bagaimana sungai-sungai di Padang bisa menjadi sungai yang bersih dengan kualitas air yang jernih. Hal ini pun juga sesuai dari visi Kota Padang sebagai kota berbasiskan pendidikan, perdagangan dan pariwisata.

"Alhamdulillah, pada beberapa waktu lalu melalui virtual beliau (Mr Michell Rohmann) mengaku kepada kita sangat antusias dan ingin segera ke Padang pertengahan Marer 2021 ini. Sekarang beliau telah datang dan semoga bisa membantu dalam upaya peningkatan kualitas air sungai di  Padang nantinya. Khususnya di kawasan Sungai Batang Arau," harapnya.

Hendri pun berharap, melalui ilmu-ilmu dan pengalaman dari Mr. Michell Rohmann ini akan mampu nantinya menjadikan sungai Batang Arau menjadi sungai yang bersih, jernih dan indah. 

"Saat ini Sungai Batang Arau memang masih dalam kategori kelas 4, semoga nanti bisa menjadi kelas 2 sehingga kawasan tersebut bisa dipercantik dan kita juga berkeinginan menjadikannya sebagai kawasan marina dan maritim center yang terintegrasi dalam program Kawasan Wisata Terpadu (KWT), " pungkas Plt Wako.

Sementara itu pada saat yang sama Kabag Kerjasama Setda Kota Padang Erwin. M menambahkan, terkait fungsi dan kehadiran Mr. Michell Rohman nantinya yaitu akan memberikan transfer ilmu kepada Pemko  khususnya pihak OPD terkait dalam pengelolaan sungai di Padang terutama Sungai Batang Arau. Kedatangan ia ke Kota Padang pun sudah dipersiapkan Pemko Padang. 

"Diharapkan untuk sungai tersebut ada perbaikan mulai dari edukasi sampai teknis pelaksanaan pengelolaan limbah yang ada. Sebagaimana kita ketahui, dari hulu sampai ke hilir banyak limbah yang dihasilkan masyarakat, " tuturnya. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved