arrow_upward

Stabilkan Harga di Tingkat Konsumen, Dinas Pangan Sumbar Siapkan Toko Tani

Sabtu, 13 Maret 2021 : 11.49

 

Kadis Pangan Sumbar, Ir.H.Efendi,MP.

Padang, AnalisaKini.id– Pandemi Covid-19 telah merontokkan sendi ekonomi, khususnya di tingkat masyarakat. Produksi pertanian turun, lalu lintas ekonomi juga menurun. Sementara harga barang di tingkat konsumen, justru meningkat.

“Karena itu, untuk menjaga stabilitas harga di tingkat produsen dan menekan harga di tingkat konsumen, maka kami Dinas Pangan Sumbar, melakukan intervensi pasar untuk menormalkan harga,” ujar Ir. Effendi, Kadis Pangan Sumbar dalam diskusi tigabelasan yang digelar Jaringan Pemred Sumbar (JPS), Sabtu (13/3/2021) di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Diskusi yang bertajuk “Upaya Sumbar Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi”, juga menghadirkan narasumber Dr. Feri Arlius (Dekan Fateta Unand), Dr. Indra Dwipa (Dekan FPUA) dan Kepala Bulog Sumbar.

Menurut Efendi, tiga mobil toko tani yang dimiliki Dinas Pangan Sumbar, setiap saat selalu siap diturunkan ke pasar-pasar untuk melakukan operasi pasar. Gunanya, agar para pedagang tidak menaikkan harga terlalu besar dari harga yang ditetapkan pemerintah.

“Dengan operasi pasar yang kita lakukan lewat Toko Tani, maka otomatis pedagang tidak bisa seenaknya menetapkan harga,” jelasnya.

Bahkan, sejalan dengan upaya menstabilkan harga di tingkat konsumen, Toko Tani Sumbar setiap pagi selalu merilis harga kebutuhan pokok.

“Nah, harga inilah yang menjadi acuan kita dalam memantau kondisi harga di pasar-pasar. Apalagi pedagang menaikkan harga terlalu tinggi, maka langsung melakukan operasi harga. Mobil toko tani selalu standby setiap saat untuk turun ke pasar-pasar menjual kebutuhan pokok dengan harga normal,” ucap Efendi.

Sebelumnya, Penasehat JPS HM Nurnas mengapresiasi JPS yang menghadirkan sejumlah narasumber dengan harapan diskusi ini melahirkan bulir-bulir pikir untuk kemajuan ketahanan pangan di Sumbar. 

Diskusi dihantarkan oleh Mona Sisca (Pemimpin Perusahaan Tribunsumbar.com) dan dimoderatori oleh Novrianto Ucok (Pimred Relasipublik.com)..(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved