arrow_upward

Sering Ditimpa Bencana, Ini Minta Warga Batang Sikabau kepada Wagub Sumbar Audy Joinaldy

Thursday, 11 March 2021 : 22:58

 

Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama pejabat Pemprov dan Pemkab Pasaman Barat lihat peta. (humas).

Air Bangis, AnalisaKini.id- Meski Kamis (11/3/2021) adalah hari libur dan rutinitas perkantoran diliburkan, tapi bagi Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy tetap memanfaatkan hari libur itu, untuk bekerja. Wagub milenial ini menemui warga Batang Sikabau dan Batang Batahan, Pasaman Barat.

Kedatangan orang nomor dua di Sumbar ini disambut antusias warga setempat. Wagub bahagia dan diskusi pun berlangsung. Warga menyampaikan pula penderitaan mereka selama ini kepada Wagub Audy.

Warga sekitar Batang Sikabau, misalnya mereka mengeluhkan rumahnya sering kebanjiran dan merusak tanaman pangan. Sedangkan masyarakat Batang Batahan kepada Wagub Audy meminta agar diperbaiki irigasi kembali yang mempunyai potensi mengairi lahan pertanian dan sawah seluas 5.253 Ha. Irigasi diperbaiki sekaligus juga bisa mengatasi banjir.

Wagub mendengar keluhan warga tersebut merespon serius. Baginya itu, adalah aspirasi warga yang mesti disikapi dan diupayakan solusinya. Pemerintah harus hadir dan berperan di sini.

Wagub Audy menyebut anggaran yang dibutuhkan untuk normaliasi Batang Sikabau sekitar Rp300 miliar,  sedangkan perbaikan irigasi Batang Batahan sekitar Rp159 miliar.

"Anggaran ini cukup besar, tidak akan mampu APBD. Oleh sebab itu kita akan usulkan ke APBN melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Selasa depan kita rencana akan ketemu dengan Menko Maritim dan akan kita usulkan beberapa proyek strategis Sumatera Barat termasuk Pasaman Barat," jelasnya.

Begitu juga untuk jalan yang menuju pelabuhan Teluk Tapang masih diperlukan anggaran yang besar sekitar Rp360 miliar untuk menyelesaikan jalan akses ke pelabuhan sepanjang 25 Km lagi dari total 42 Km.

Wagub Audy berpesan akan berupaya memperjuangkan keberlanjutan pembangunan proyek strategis di Pasaman Barat ini ke pemerintah pusat. Tentunya harus didukung oleh Bupati Pasaman Barat bersama perangkatnya.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama Kepala BPBD Erman Rahman dan pejabat Pemprov lainnya.(humas).


Wagub Audy ke Pasaman Barat itu dalam rangka meninjau sejumlah proyek strategis sekaligus tampung aspirasi. Dengan helikopter ke sana, Wagub Audy didampingi sejumlah pejabat Pemprov seperti Kepala PUPR Fathol Bahri, Kepala PSDA Rifda Suriani, Kepala BPBD Erman Rahman, Kepala Bappeda Hansastri, Kepala Balitbang Reti Wafda dan Kabiro Humas Hefdi. Rombongan ini disambut oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Wabup Risnawanto. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved