arrow_upward

Pembangunan Tol tak Berhenti Hanya Refocusing

Sabtu, 06 Maret 2021 : 20.28
Gubernur Sumbar Mahyeldi mendengar masukan dari Sekdaprov Alwis saat rapat kelanjutan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru. (humas).


Padang, AnalisaKini.id
– PT. Hutama Karya, memastikan berita tentang dihentikannya pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin tidak benar.

Project Director Jalan Tol Padang-Sicincin PT Hutama Karya, Marthen Robert Singal, saat rapat dengan Gubernur di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (6/3/2021) menegaskan, pihaknya tetap melanjutkan pengerjaan jalan tol pada lahan yang sudah dibebaskan.

“Intinya PT. Hutama Karya bukan menghentikan pembangunan, tapi hanya akan mengerjakan pada lahan yang sudah dibebaskan, jika tersedia kelebihan sumber daya, maka akan dilakukan refocusing ke ruas lain yang lebih siap lahannya,” ucap Marthen.

Menurut dia, dengan kemampuan sumber daya dan kemampuan ekuitas yang sangat terbatas, maka PT. Hutama Karya diminta melakukan refocusing pada ruas-ruas yang lebih siap, sehingga hasilnya bisa lebih cepat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Dengan keterbatasan lahan yang ada mengakibatkan produktivitas rendah sehingga biaya overhead BUJT dan main kontraktor menjadi tinggi. Biaya bunga selama masa konstruksi dan biaya eskalasi akan semakin mahal serta biaya supervisi

dan pengawasan konsultan bertambah sehingga menjadi tidak efektif dan efisien,” tambah Marthen.

Selain itu,  hal-hal tersebut di atas juga akan berdampak pada meningkatnya total biaya investasi, mengakibatkan tarif tol per-km menjadi lebih mahal dan nantinya menimbulkan beban pada masyarakat pengguna jalan tol.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyatakan pihaknya terus berupaya dalam percepatan pengerjaan jalan tol Padang-Pekanbaru. Menurut Mahyeldi, pada prinsipnya tidak ada satupun yang menolak pembangunan, hanya sosialisasi saja yang belum maksimal.

“Hari ini kita bicara percepatan pembangunan. Hambatan yang ada harus diminimalisir dan carikan solusi sehingga pembangunan berjalan sesuai yang diharapkan’, ujarnya.

Mahyeldi berharap segera mengetahui permasalahan yang ada. Lalu kemudian mencari langkah untuk penyelesaiannya sehingga dalam waktu yang tidak lama, bisa selesai,” harap Mahyeldi. (***)





Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved