arrow_upward

Jaring Kafilah Unggul, Unand Gelar MTQ Tingkat Mahasiswa

Senin, 01 Maret 2021 : 18.24

 

Rektor Unand Prof Yuliandri serahkan trophy bergilir kepada Wakil Rektor III, Insannul Kamil,Ph.D. (humas).

Padang, AnalisaKini.id-Universitas Andalas (Unand) menggelar MTQ tingkat mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengembangan Ilmu dan Kandungan Alquran (PIKA) dalam rangka menjaring bibit unggul sebagai kafilah (kontingen) untuk persiapan menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional.

Rektor Unand Prof. Yuliandri SH, MH membuka secara resmi kegiatan ini pada Senin (1/3/2021) di Gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa lantai II Kampus Unand Limau Manis Padang yang didampingi oleh Wakil Rektor III Ir. Insannul Kamil, Ph. D.

“Kegiatan MTQ tingkat mahasiwa ini menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan di Unand meskipun perlombaan tingkat nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan digelar sekali dua tahun,” ujar Rektor.

Dikatakan rektor ini sebagai upaya untuk menjaring dan menemukan bibit unggul dalam pemahaman alquran dari awal sehingga dapat mengoptimalkan persiapan menuju MTQ mahasiswa di tingkat nasional.

Selain melalui kegiatan ini, Unand dalam penerimaan mahasiswa baru juga menerima dari jalur tahfidz atau yang mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam membaca alquran. Ini juga sebagai upaya untuk mensyiarkan ajaran islam terutama bagi genarasi muda khususnya mahasiswa.

Nantinya yang sudah terpilih atau pemenang akan terus dibimbing dan dilatih oleh Unand yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), dan juga Arrisalah serta institusi lainnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dr. Dedy Almasdy, Apt menyampaikan ada 9 tangkai perlombaan yang akan digelar dalam kegiatan ini yakni Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Hifzil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syarhil Quran.

Kemudian, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Alquran (Bahasa Inggris/Bahasa Arab), dan Musabaqah Desain Aplikasi Alquran.

Di samping juga akan ada webinar nasional Alquran dengan narasumber Syamsuri Firdaus (Qori terbaik MTQ internasional di Turki) pada 7 Maret mendatang.

“Kegiatan ini diikuti 210 peserta (perseorangan maupun tim) yang tersebar di berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas yang akan berlangsung selama seminggu kedepan,”ujarnya yang juga merupakan Wakil Dekan III Fakultas Farmasi.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved