arrow_upward

Guspardi Gaus Ajak Masyarakat Terapkan Nilai Luhur Pancasila

Rabu, 31 Maret 2021 : 13.53
Anggota DPR Guspardi Gaus memberikan materi sosialisasi 4 pilar kebangsaan. (ist).

Pariaman, AnalisaKini.id- Anggota DPR Guspardi Gaus mengajak masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

"Nilai-nilai yang ada di dalam kelima sila Pancasila adalah saling terkait yang mencerminkan itulah sesungguhnya Indonesia itu. Beragam agama, suku, ras tapi tapi satu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Guspardi dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan belum lama ini di hadapan masyarakat Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman.

Guspardi menjelaskan dengan keberagaman yang dimiliki negeri ini, melahirkan banyak pemikiran untuk kemajuan bangsa. Persatuan terawat pula dan ini tercermin dalam satu kalimat yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa, Bhineka Tunggal Ika.

Disebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat luhur. Sudah seharusnya seluruh warga Indonesia mempelajari dan memaknainya kembali. Para pendiri bangsa memahami dengan baik, keragaman yang terdapat pada bangsa Indonesia. Mereka merumuskan Bhineka Tunggal Ika, yang bermakna berbeda-beda atau beragam tetapi tetap satu, yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa.

Bahkan sila pertama dari Pancasila menjadi motor dari sila-sila lainnya dari Pancasila.

Misalnya, untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tetap berpedoman kepada sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Begitu juga dalam rangka mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab, tetap memperhatikan sila pertama.

"Itulah maknanya, saling terkait dan tetap sila pertama jadi pegangan,"kata politisi PAN  ini.

Guspardi juga mengulas yang mengonsep sila-sila Pancasila itu mayoritas adalah tokoh agama Islam. Tapi dalam kerangka NKRI, keberagaman menjadi perhatian dalam menata republik ini. Hal ini pula sampai saat sekarang masih terkelola dengan baik.

Legislator dapil Sumbar 2 ini menjelaskan pula di tengah situasi sulit bangsa ini terutama karena dampak pandemi Covid-19, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila hendaknya menjadi momentum untuk menerapkannya yaitu keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lebih empati pada sesama manusia, semangat untuk saling membantu dan bersatu, bijaksana membangun kesejahteraan rakyat.

Bahkan penerapan nilai-nilai luhur Pancasila ini menjadi kunci tercapainya Indonesia yang dicita-citakan para pendiri bangsa. 

Dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan itu, juga dibuka ruang diskusi dan sejumlah aspirasi pun disampaikan kepada politisi pro-rakyat ini. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved