arrow_upward

Fraksi PAN Minta Pemerintah Batalkan Impor 1 Juta Ton Beras

Kamis, 18 Maret 2021 : 14.06

 

Drs.H.Guspardi Gaus,M.Si

Jakarta, AnalisaKini.id-Anggota Fraksi PAN DPR  Guspardi Gaus merasa aneh dengan kebijakan pemerintah ( Kemendag ) jika tetap memaksakan impor beras 1 juta ton.  Sebab, pada tahun ini produksi beras nasional akan mengalami surplus, khususnya pada panen awal tahun ini sehingga kedatangan beras impor ini akan menekan harga beras di tingkat petani. 

Menurutnya, berdasarkan data BPS produksi beras nasional mencapai 31,63 juta di 2020. Potensi produksi beras sepanjang Januari-April 2021 diperkirakan mencapai 14,54 juta ton, naik 26,84 persen dibandingkan produksi pada periode sama di 2020 yang sebesar 11,46 juta ton. Artinya pada panen raya tahun ini stok beras nasional sangat mencukupi.

"Pertanyaannya apa bijak mengumumkan impor jelang panen raya? Seharusnya Negara bisa  melindungi hasil panen petani, apalagi masa panen raya sudah makin dekat," ujar Guspardi saat di hubungi Kamis (18/3/2021). 

Pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Baleg DPR dengan Kepala BPS dan Dirut Perum Bulog pada Selasa 16 Maret 2021, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso sebagai Dirut Bulog mengaku tidak pernah mengusulkan impor beras pada tahun ini. 

Bulog hanya mendapatkan penugasan mendadak untuk impor beras 1 juta ton kendati sisa impor beras tahun 2018 belum diselesaikan. Buwas juga merasa Bulog kesulitan dalam menyalurkan beras yang ada di gudang penyimpanan jika pemerintah harus melakukan impor 1 ton beras lagi.

Guspardi yang juga anggota Baleg DPR ini menilai,  kebijakan impor beras ini juga betentangan dengan UU No 18 tahun 2012 Pasal 36 yang berbunyi : (1) Impor pangan hanya dapat dilakukan apabila produksi pangan dalam negeri tidak mencukupi dan/atau tidak dapat diproduksi di dalam negeri. (2) Impor pangan pokok hanya dapat dilakukan apabila produksi pangan dalam negeri dan cadangan pangan Nasional tidak mencukupi. 

Di samping itu rencana Kemendag mengimpor beras apalagi jumlahnya tidak main-main 1 juta ton, juga bertolak belakang dengan semangat dan imbauan Presiden Jokowi untuk lebih mencintai produk dalam negeri dan membenci produk luar negeri. Sepatutnya Kemendag mengikuti imbauan Jokowi itu

Oleh karenanya, politisi PAN asal Sumbar itu mengatakan, Kemendag seharusnya menarik kembali dan membatalkan rencana impor beras yang sudah mendapatkan berbagai penolakan dan menjadi polemik di tengah masyarakat. 

Kebijakan impor beras jelas akan membuat harga beras di tingkat petani makin ambrol. Belum lagi dilakukan impor beras dan baru rencana, harga gabah di tingkat petani terus turun, meskipun petani belum memasuki masa 'puncak' panen raya. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved