arrow_upward

Di Kota Ini, Redam Kematian Ibu Hamil Lewat Website dan WAG

Sunday, 14 March 2021 : 18:22

Puskesmas Ambacang, Kuranji, meluncurkan website dan whatapps group (WAG) di Masjid Taufiq, Pasar Ambacang, Sabtu (13/3). Website “Bundo” berisikan informasi yang diperlukan bagi ibu hamil dan WAG “Sahabat Ambacang” berisikan seluruh informasi kesehatan bagi warga.(kominfo)

Padang, AnalisaKini.id-Kematian ibu hamil menjadi momok menakutkan pada saat ini. Di Kecamatan Kuranji, Padang, angka kematian ibu hamil terbilang cukup tinggi. Meredam angka kematian ibu hamil, Puskesmas Ambacang di Kecamatan Kuranji, meluncurkan website dan whatapps group (WAG).

Peluncuran website dan WAG ini dilakukan di Masjid Taufiq, Pasar Ambacang, Sabtu (13/3/2021). Website “Bundo” berisikan informasi yang diperlukan bagi ibu hamil. Sementara, WAG “Sahabat Ambacang” berisikan seluruh informasi kesehatan bagi warga.

“Kita merancang ini (website dan WAG) sebagai media perpanjangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, lewat media ini ibu hamil dapat mendeteksi gejala dini terhadap kegawatan, sedangkan WAG tersebut merupakan media informasi bagi masyarakat ketika membutuhkan informasi kesehatan,”ujar Kepala Puskesmas Ambacang dr Weni Fitria di sela-sela launching website dan WAG tersebut.

Seperti diketahui, angka kematian ibu hamil serta kematian bayi di Kecamatan Kuranji pada tahun lalu sebanyak 13 kasus. Sepuluh kasus diantaranya kematian janin di dalam rahim. Kepala Puskesmas Ambacang menduga, penyebab kematian karena pandemi Covid-19. Ibu hamil merasa enggan dan mawas diri ke Puskesmas, takut terpapar Covid-19. Melihat kecenderungan itu, Puskesmas Ambacang menggagas media website dan WAG sebagai wadah mencari informasi bagi ibu hamil.

“Dengan adanya media ini, meski dalam masa pandemi, ibu hamil tetap dalam pantauan dan terdeteksi secara dini terhadap bahaya selama kehamilan,” tutur dr Weni Fitria didampingi Korlap Covid-19 Puskesmas Ambacang dr Frista Maulina. 

Website dan WAG milik Puskesmas Ambacang ini dicetuskan sejumlah dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang sedang menempuh pendidikan di Puskesmas tersebut. Kepala Puskesmas Ambacang berkeyakinan website dan WAG tersebut dapat membantu ibu hamil serta warganya. Apalagi menurutnya, hampir seluruh warga yang memiliki handphone berbasis android.

“Harapan kita setelah ini angka kematian ibu tidak ada lagi, kematian bayi juga berkurang, kita tidak ingin lagi ada suami yang kehilangan istri dan anak yang kehilangan ibu,”sebutnya.

Website “Bundo”dan WAG “Sahabat Ambacang” dilaunching Camat Kuranji Eka Putra Buhari. Juga hadir di antaranya Kabid Kesmas DKK Padang Defitra Wiguna, Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unand dr Rima Sumiarty, Dokter Spesialis Obgyn RSUP M Djamil dr Aladin, Kasi IKP Dinas Kominfo Charlie Ch. Legi, lurah, kader Puskesmas, serta sejumlah ibu hamil.

Camat Kuranji Eka Putra Buhari mengapresiasi diluncurkannya website dan WAG tersebut. Menurutnya, kehadiran website dan WAG mempersingkat rentan kendali ibu hamil pada masa pandemi dalam melakukan konsultasi lewat teknologi.

“Harapan kita website ini ke depannya dapat digunakan khusus di Kecamatan Kuranji, terutama di tiga puskesmas yang ada. Karena Kuranji merupakan penduduk terbanyak, tiga puskesmas saat ini sibuk dengan pelayanan vaksinasi, tes swab, dan lainnya. Ini salah satu yang menguntungkan bagi masyarakat terutama ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan melalui teknologi,” katanya.(***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved