arrow_upward

BREAKING NEWS! Beredar Kabar, Mendagri Tunjuk Heri Nofiardi Jadi Pj. Bupati Solok

Kamis, 04 Maret 2021 : 18.59

 

Heri Nofiardi.

Padang, AnalisaKini.id- Beredar kabar, Heri Nofiardi ditunjuk Mendagri sebagai Penjabat (Pj) Bupati Solok. Saat ini kabupaten tersebut masih dipimpin oleh seorang Pelaksana Harian (Plh) Bupati sejak 17 Februari lalu menyusul habisnya masa jabatan Bupati Gusmal da Wabup Yuldafri Nurdin.

SK pengangkatan Heri Nofiardi yang kini menjabat Kepala Dinas Perhubungan Sumbar itu, diterbitkan Mendagri lantaran hasil Pilkada di daerah menghasil beras tersebut, belum final. Proses gugatan di  Mahkamah Konstitusi (MK) masing berlangsung dan menurut rencana MK akan mengumumkannya pada minggu keempat Maret ini.

Beredarnya kabar itu didapatkan di Kemendagri, tapi tak seorangpun enggan membeberkan namanya."Ya benar itu namanya, tapi nama saya jangan disebut-sebut ya. Membenar saya. Ada beberapa kabupaten/kota lain yang juga sudah keluar SK pj, kepala daerahnya,"sebut sumber terpercaya di Kemendagri.

Kabiro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Iqbal Ramadi Payana yang dihubungi, Kamis (4/3/2021) terkait turunnya SK pj. Bupati Solok, mengaku belum tahu soal kabar tersebut. Pihaknya baru bisa memastikan, jika bukti fisik sudah sampai ke Pemprov Sumbar. 

"Saya belum tahu," katanya.

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, sesuai surat edaran Mendagri sebelumnya, agar gubernur mengirimkan nama-nama pejabat eselon II pemprov untuk diusulkan sebagai pj. bupati/walikota, untuk menghindari kekosongan roda pemerintahan setelah habisnya masa jabatan kepala daerah definitif, khususnya lagi untuk kabupaten/kota yang hasil Pilkadanya digugat ke MK.

Pemprov Sumbar sendiri awalnya mengusulkan 15 nama pejabat eselon II untuk lima kabupaten yang hasilnya Pilkadanya digugat ke MK. Yaitu Padang Pariaman, Sijunjung, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok. 

Tapi dalam sidang kelanjutan di MK, pada 15 Februari dan 16 Februari, kasus gugatan di empat daerah, tidak dilanjutkan. Alhasil hasil Pilkada diproses sampai SK Mendagri terbit dan sudah dilantik pula serentak secara nasional, 26 Februari lalu, termasuk Sumbar. Sedangkan gugatan di Kabupaten Solok, berlanjut. 

Direncanakan, Heri Noviardi akan dilantik Gubernur Mahyeldi di istana gubernuran dalam waktu dekat. Heri Nofiardi termasuk pejabat senior di Pemprov yang sebelum menjabat Kadis Perhubungan adalah Kabiro Perekonomian dan Kabiro Umum. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved