arrow_upward

Benny Dwifa Yuswir, Alumni STPDN Pertama Jadi Bupati di Sumbar

Wednesday, 3 March 2021 : 17:17

 

Benny Dwifa Yuswir.

Sijunjung, AnalisaKini.id-Benny Dwifa Yuswir dilantik jadi Bupati Sijunjung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi atas nama Mendagri pada Jumat (26/2/2021) di istana gubernuran di Padang. Benny dilantik bersamaan dengan 10 bupati/walikota lainnya se-Sumbar. Termasuk juga pasangan masing-masing. Benny bersama pasangannya, Wabup Iraditillah.

Dari 22 tokoh yang dilantik menjadi kepala daerah di 11 kabupaten/kota ini, Benny termasuk berusia muda, 34 tahun. Dilihat dari latar belakang pendidikan, Benny adalah alumni STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri). Sekolah di bawah naungan Kemendagri ini bertujuan mempersiapkan kader pemerintahan, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Benny ternyata mencatatkan sejarah dalam percaturan Pilkada di Sumbar yang mulai dilaksanakan secara langsung pada tahun 2005. Benny adalah bupati pertama di Sumbar yang berasal dari STPDN. Benny sekolah di sana mulai 2004 dan tamat pada 2008.

Pada Pilkada Sijunjung 9 Desember 2020, Benny yang berpasangan dengan Iraditillah, mengungguli empat paslon lain. Benar ada masuk gugatan ke MK, tapi MK tidak mengabulkan sehingga Benny-Iraditillah sah secara hukum memenangkan Pilkada dan dilantik.

Saat Benny menyatakan maju Pilkada dan mundur sebagai ASN di usia muda dan karir sedang menanjak, tadinya banyak dianggap orang, langkah berani tapi berisiko. Apalagi dengan mengorbankan jabatan sebagai pejabat eselon II.

Tapi Benny sudah memikirkannya masak-masak. Selain minta pendapat kepada orang tua dan istri tercinta Nedia Fitri Guspardi, Benny meminta petunjuk kepada Sang Khalik. Shalat Istikharah dilakukan. Setelah itu baru pilihannya makin mantap. 

"Saya ingin berbuat dan mengabdi untuk memajukan daerah Sijunjung menjadi lebih baik, dengan mencurahkan segala tenaga, kemampuan dan pikiran," katanya saat itu.

Dilihat dari rekam jejak dan reputasi Benny, kemenangan yang diraih dalam Pilkada, sudah banyak diprediksi orang. Sebab, Benny adalah ASN yang ditempa masak selama bersekolah di STPDN. Disiapkan betul menjadi kader pemerintahan yang handal.

Begitu pula saat mulai mendedikasikan diri menjadi abdi negara dan ditempatkan bertugas di Pemkab Sijunjung pada 2011, Benny melakoni amanah dengan baik. Dua tahun kemudian, 2013 diangkat menjadi Sekretaris Camat Sijunjung dan pada 2015 menjadi Camat Sijunjung.

Benny banyak bertanya kepada para ASN senior di manapun ditempatkan meski dari posisi adalah 'anak buah'nya. Ini bagi Benny, menambah pengalaman dan jam terbang dalam birokrasi pemerintahan. Benny sadar, pasti ada juga yang memandang miring kepada dirinya. Karena Benny adalah anak Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, maka mulus karirnya.

Benny tidak ambil pusing dengan anggapan miring itu. Dia justru memperlihatkan kinerja bagus. Terbukti saat dipromosikan menjadi Kepala Dinas PMPTSP Sijunjung pada 2017, OPD ini diapresiasi karena melahirkan banyak terobosan. Diamanahkan menjadi Kepala Bappeda Sijunjung pada 2019, lagi-lagi Benny unjuk prestasi.

Inilah faktor Benny disukai rakyat Sijunjung. Berlatarbelakang ilmu pemerintahan, berprestasi dalam bekerja. Perpaduannya dengan Iraditillah yang saling melengkapi menjadi makin bernilai dan berbobot di mata rakyat Sijunjung.

Tak heran di hari pertama masuk kantor sebagai Bupati Sijunjung, Senin (1/3/2021) Benny Dwifa Yuswir yang memimpin apel bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sijunjung, Benny menekankan agar pelayanan kepada masyarakat diberikan secara maksimal.

"Pelayanan kepada masyarakat menjadi perhatian dan prioritas. Bahkan pembenahan pelayanan publik merupakan salah satu target yang harus terealisasi dalam masa seratus hari kerja sejak dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung," katanya.

Pelayanan dimaksud meliputi seluruh lini yang berhubungan langsung antara pemerintah dan masyarakat, mulai pendidikan, kesehatan, administrasi, kependudukan dan lainnya. 

“Kami mohon kepada kita semua agar bekerjasama dalam memajukan pembangunan Sijunjung kedepan. Mari kita luruskan niat dan tingkatkan disiplin untuk bisa memberikan yang terbaik bagi daerah kita ini,” ajak Benny.

Optimisme dan pola kerja yang diterapkan dalam membangun daerah Sijunjung itu, direspon baik oleh kerabat sang Bupati yang seangkatan di STPDN-angkatan 16-. Katanya, Insyaallah Benny menjadi kepala daerah yang dicintai rakyat dan mendedikasikan diri untuk mengabdi dan memajukan daerah.

"Beliau adalah sosok yang peduli dengan rekan sejawat. Apalagi dulu ketua kontingen angkatan 16 dari Sumbar," kata Fadly, Kabag di Biro Humas Pemprov Sumbar.

Semoga saja terwujud. Apalagi Benny bukanlah orang baru di sana. Dibesarkan di sana. Lahir di Sijunjung pada 13 Januari 1986, SD sampai SMA ditamatkan di sana juga, sebelum melanjutkan pendidikan di STPDN. Sekarang menantu anggota DPR RI asal Sumbar Guspardi Gaus ini, sedang mengambil program doktor (S3) di UNP jurusan Kajian Lingkungan dan Pembangunan. (effendi)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved