arrow_upward

Anggota Komisi V DPR : Penghentian Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Hanya Sementara

Jumat, 05 Maret 2021 : 23.11

 

Athari Gauthi Ardi.

Padang, AnalisaKini.id- Anggota Komisi V DPR RI asal Sumatera Barat, Athari Gauthi Ardi memastikan penghentian pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru hanya sementara.

Dia setelah mendapat informasi penghentian pembangunan jalan tol itu dari beberapa media, langsung menghubungi Dirjend Bina Marga, Kementerian PUPR, Jumat (5/3/2021), untuk memastikan kebenarannya.

Athari menyebutkan, informasi dari Dirjend Bina Marga, Kementerian PUPR, memang saat ini pengerjaan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru dihentikan. Namun, sifatnya sementara (di-hold). Bukan berarti berhenti total. 

“Jadi informasi yang benar itu dihentikan sementara, bukan diberhentikan total,” terang Athari via telepon, Jumat malam (5/3) seperti dikutip dari suararantau.com.

Politisi PAN ini juga menjelaskan, alasan penghentian sementara, karena saat ini dalam proses pembangunannya, masih terkendala pembebasan lahan yang dilaksanakan BPN bersama pemerintah daerah.

"Penghentian sementara dilaksanakan selama tahun anggaran 2021 ini, agar pembebasan lahannya dapat dituntaskan terlebih dahulu. Karena terkendala pembebasan lahan, maka proyek pembangunannya dialihkan ke lahan proyek yang sudah dibebaskan,” ujarnya.

Selain terkendala lahan, penghentian sementara pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, juga karena pemerintah juga saat ini melaksanakan refocusing anggaran, untuk penanganan Covid-19 dan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

“Karena saat ini pemerintah lebih memprioritaskan keselamatan masyarakat di bidang kesehatan, untuk menangani Covid-19 ini. Ini juga termasuk pertimbangannya,” ungkap Athari.

Politisi muda asal Solok ini juga mengingatkan Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten kota, agar benar-benar memberikan perhatian lebih untuk mengatasi masalah proses pembebasan lahan ini. Pasalnya, pembangunan jalan tol ini sangat penting dan besar manfaatnya bagi masyarakat Sumbar.

Sebagai satu-satunya perempuan asal Sumbar yang duduk di Komisi V DPR, yang menangani bidang ke-PU-an dan Perhubungan, Athari menegaskan  terus mengawal agar pembangunan jalan tol ini dapat terwujud sepenuhnya.

Sebelumnya, beredar informasi PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menghentikan pembangunan tol ruas Padang-Sicincin. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah justru membantah informasi tersebut. Mahyeldi mengaku, tidak mengetahui kalau pengerjaan itu dihentikan. “Siapa bilang dihentikan, saya sendiri gubernur tidak mengetahui kalau dihentikan. Tidak benar itu, hoak itu,” sebutnya, Jumat (5/3/2021). (***).




Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved