arrow_upward

Anggota DPR Apresiasi Jokowi Terima Amien Rais di Istana Negara

Friday, 12 March 2021 : 14:32

 

Guspardi Gaus

Jakarta, AnalisaKini.id-Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengapresiasi pertemuan penuh persahabatan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan rombongan yang tergabung dalam Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3). Amien Rais datang bersama 6 orang lainnya untuk menyampaikan permasalahan terkait insiden yang menewaskan enam orang laskar FPI di Km 50 Tol Japek kepada presiden di Istana Negara pada Selasa (9/3/2021).
Sikap Presiden Jokowi yang menerima dengan tangan terbuka Amien Rais dan rombongan di Istana Merdeka harus dilihat sebagai sebuah sikap kenegarawanan yang harus dihargai dan diberikan apresiasi.
"Dan dalam sebuah momen terlihat Jokowi dan Amien Rais tertangkap kamera saling membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan (dengan maksud menghormati), "ujar Guspardi saat dimintai keterangannya oleh wartawan Jumat (12/3/2021).
Pertemuan ini bisa dimaknai sebagai sesuatu langkah yang sejuk dan bijaksana yang di perlihatkan Jokowi sebagai ungkapan sikap pemerintah yang mau mendengarkan asprirasi warga masyarakat dan memperlihatkan bahwa dia (Jokowi) tidak anti kritik. Termasuk kelompok masyarakat dan elemen bangsa yang sering mengkritik dan  berseberangan pendapat dengannya.
"Petistiwa ini hendaknya bisa dijadikan pelajaran yang sangat berharga. Karena dengan adanya pertemuan dan dialog dari dua kubu yang sering berseberangan tersebut akan dapat mencairkan suasana. Bagaimanapun dalam dialog dua arah ini tentu masing - masing pihak bisa saling mengemukakan pendapat dan pandangannya secara langsung sehingga bisa membahas persoalan dengan terbuka, " ujar Legislator asal Sumatera Barat ini.
Politisi PAN itu berharap, sikap dan tindakan yang di perlihatkan seperti ini dapat di tiru dan ditumbuh kembangkan dalam menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh berbagai elemen bangsa maupun pemerintah dalam disetiap tingkatan.
Karena bagaimanapun upaya dialog yang mengedepankan sikap saling mengakomodir dalam bingkai sikap saling menghargai dan menghormati merupakan langkah jitu dalam upaya mendapatkan solusi terbaik berbagai persoalan.
"Pertemuan semacam ini, jelas akan sangat berarti dalam menghadapi dan menyikapi berbagai persolan yang dihadapi oleh bangsa dan negara ke depannya", pungkas anggota Komisi II DPR RI tersebut.
Sebelumnya, Mahfud mengatakan Amien Rais dan kawan-kawan dalam pertemuan dengan Jokowi menyampaikan terdapat temuan dari TP3 menyatakan insiden yang menewaskan 6 laskar FPI di Km 50 Tol Japek merupakan pelanggaran HAM berat. Mereka juga meminta agar kasus itu dibawa ke pengadilan HAM Internasional.
Jokowipun sudah memerintahkan Komnas HAM bekerja secara independen. Rekomendasi dari Komnas HAM pun sudah diterima dan tengah diproses oleh pihak berwenang.
Mahfud MD menekankan bahwa pemerintah terbuka manakala ada bukti terjadinya pelanggaran HAM berat dalam peristiwa itu.(***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved