arrow_upward

Wagub Sumbar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Banjarmasin

Wednesday, 3 February 2021 : 20:21

Banjarbaru, AnalisaKini.id-Usai melakukan kunjungan ke Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Rombongan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dipimpin Wakil Gubernur Nasrul Abit langsung bergerak ke Balikpapan, Kalimantan Timur untuk transit menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berangkat pukul 05.20 WITA pagi rombongan kemanusian "Sumbar Peduli Sesama" ini sudah berangkat menuju Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Kalimantan Selatan.

Pukul 08.30 WITA sampai di Bandara Syamsuddin Noor, rombongan langsung menuju Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dan disambut oleh Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sugian Noorbah dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syaiful Azhari di gedung Dr. KH. Idham Chalid Noor, Rabu (3/2/2021).

Dalam pertemuan itu, Nasrul Abit menyampaikan izin untuk menemui masyarakat Minang yang ada merantau di Banjarmasin. Selain itu ia juga menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumbar berupa uang tunai Rp100 juta untuk para korban yang tertimpa bencana banjir.

"Bantuan dari Pemprov Sumbar ini merupakan dari donasi masyarakat Sumbar sebagai bentuk peduli kami sesama untuk masyarakat Kalsel. Karena Sumbar juga sering terjadi bencana, jadi kami juga bisa merasakannya. Walaupun bantuan ini tidak banyak, berharap dengan bantuan ini bermanfaat bagi saudara - saudara kita di sini," kata Nasrul Abit.

Saling membantu atas kesulitan sebagai sesama umat adalah sangat diridhoi oleh Allah SWT, dan juga akan dilimpahkan segala pahala kepada orang-orang yang membantu. Apalagi di Kalsel ini juga banyak dari warga perantauan Minang.

Selanjutnya Wagub Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp100 juta kepada Sekda Kalsel, selain itu Nasrul Abit juga menyerahkan berupa daging rendang yang merupakan ciri khas Minangkabau.

Selain itu, Nasrul Abit juga mengucapkan ikut berduka cita yang mendalam atas musibah banjir yang terjadi menimpa Banjarmasi Kalimantan Selatan. 

"Kami juga turut berbelasungkawa atas para korban yang meninggal. Semoga tabah. Mohon diterima bantuan ini yang mungkin secara materi tak seberapa, namun hal ini sebagai kepedulian gubernur Sumbar kepada sesama," ucapnya. 

"Mohon diterima dan dibagikan kepada warga yang terdampak banjir, semoga dapat sedikit meringankan beban mereka. Kita berdo'a kepada Allah SWT, agar bencana banjir ini segera berlalu dan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasanya," tukasnya. 

Menanggapi bantuan tersebut, Pj Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas kepedulian kepada warga Banjarmasin. 

Selanjutnya ia memberikan informasi, dampak banjir Kalsel meluas yang merambah di berbagai sektor menyebabkan puluhan ribu warga menderita. Tercatat bencana ini menyebabkan kerugian sekitar Rp 1,349 triliun yang meliputi berbagai sektor.

Sebutnya tanggap darurat banjir perpanjangan kedua memang berakhir pada 3 Februari 2021 ini namun masih belum diputuskan akan diperpanjang atau dihentikan.

"Prioritas kita saat ini fokus pada penanganan rumah tinggal yang rusak berat, saat ini sedang pengumpulan data kerusakan rumah dan infrastruktur," ujarnya. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved