arrow_upward

Unand Mewisuda 1.781 Mahasiswa secara Online

Minggu, 28 Februari 2021 : 18.35

 

Rektor Unand, Prof Yuliandri memindahkan jambul salah seorang perwakilan wisudawan pada Wisuda I Unand yang digelar secara online, Sabtu (27/2) di Convention Hall kampus tersebut. (ist)

Padang, AnalisaKini.id-Universitas Andalas (Unand) kembali mewisuda 1.781 orang lulusannya secara online, Sabtu (27/2/2021) berpusat di Convention Hall kampus tersebut. 

Rektor Unand, Prof. Yuliandri mengingatkan kepada lulusan tentang tantangan dunia kerja yang semakin berat, maka perlu upaya maksimal mencari celah usaha dengan bekal ilmu yang sudah diperoleh.

"Melihat kondisi dan tantangan saat ini, jelas berbeda dan sudah jauh berubah dibanding tahun-tahun sebelumnya, maka untuk para lulusan, jika ada yang merasa proses belajar atau bekal ilmu belum maksimal, tetaplah menggali ilmu. Apalagi di masa perkembangan teknologi dan juga kondisi pandemi, lulusan harus bisa mencari celah untuk berkiprah di dunia kerja," kata rektor, usai Wisuda I 2021 Unand tersebut.

Selain itu, rektor juga mengatakan, jika ada yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, juga merupakan langkah yang baik. Selain juga para lulusan bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri, atau menjadi pegawai negeri maupun swasta. 

"Mahasiswa sudah banyak yang berkiprah di dunia usaha atau menghasilkan inovasi di saat masih dalam masa kuliah. Hal ini jelas menjadi modal juga untuk mereka setelah berhasil lulus. Apalagi saat ini tantangan di dunia kerja juga semakin berat," katanya.

Dalam sambutannya, rektor juga mengatakan kepada lulusan agar tidak menjadikan gelar sebagai pembatas dalam menimba ilmu. 

"Para lulusan telah resmi berada satu level lebih tinggi. Wisuda ini merupakan titik untuk beristirahat sejenak, namun bukan berarti kedepannya proses belajar juga berhenti, karena ilmu itu tidak ada batasnya," kata rektor.

Apalagi dalam masa pandemi ini, katanya, para lulusan dengan ilmu yang telah dimiliki haruslah bisa memberikan edukasi dan membantu masyarakat dalam melewati ujian tersebut. 

"Dengan kondisi bencana non alam yang masih terjadi hari ini, peran dan ilmu saudara semua sangat dibutuhkan untuk mengedukasi serta membantu masyarakat untuk tetap berusaha dan sabar melalui ujian berat ini," katanya.

Rektor juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada para orangtua dan wali mahasiswa yang ikut dalam wisuda daring ini, dan juga berkenan mewakili rektor dalam prosesi pemindahan jambul. Ia juga berpesan kepada para lulusan agar selalu berbuat baik kepada kedua orangtua.

Pada wisuda kali ini, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah juga berkesempatan hadir secara virtual. Senada dengan rektor, gubernur juga mengingatkan tentang tantangan yang semakin berat kedepannya. Untuk itu, ata gubernur, perlu kesungguhan, keseriusan dan sinergi dengan berbagai pihak, untuk bisa meraih cita-cita yang diinginkan.

"Pemerintah siap bersinergi dengan alumni Unand, untuk kemajuan Sumbar," kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga berharap, para lulusan Unand bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan Sumbar. Apalagi menurutnya banyak hal dan potensi provinsi ini yang bisa digali dan dikembangkan. 

"Tak hanya di Sumbar, lulusan Unand juga harus bisa berkiprah di tingkat nasional," pungkasnya. (***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved