arrow_upward

Nevi Zuairina Dukung Sarjana Baru Tamat Studi Berkarya Membangun Desa

Saturday, 27 February 2021 : 23:02

 


Nevi Zuairina kunjungi rumah silase (pakan ternak) di Padang Pariaman.(ist).


Padang Pariaman, AnalisaKini.id-  Anggota DPR dari Daerah Permilihan Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina, bertemu kaum milenial memberi motivasi dan dorongan untuk membangun negeri di wilayah perdesaan. Karena pembangunan dari desa ini, ketika sudah maju secara merata, akan signifikan dalam memperkecil gini rasio dan juga kesenjangan antar wilayah dan daerah.

"Saya sangat bangga pada muda-mudi di Sumatera Barat ini. Mereka selalu semangat, untuk mencoba hal positif dan inspiratif. Semoga ini adalah sebuah upaya untuk membangun negeri dimulai dari desa. Semoga upaya ini akan terus menerus dilakukan sampai menemukan keberhasilan dan dapat menjadi motivasi seluruh negeri", tutur Nevi.

Salah satu kegiatan para milenial yang dimaksud Nevi adalah program  Sarjana baru yang telah menyelesaikan studinya untuk masuk Desa. Kegiatannya berupa membuat pakan ternak dari serat hijau yang sangat bermanfaat bagi hewan ternak. Para sarjana yang mayoritas lulusan baru Peternakan IPB dan berbagai Perguruan tinggi lainnya ini membuat sarana pengolahan pakan ternak yang dinamakan rumah silase yang terletak di desa-desa.

Politisi PKS ini sengaja mengunjungi rumah silase di sekitar Padang Pariaman dan melihat bagaimana tanaman jagung muda dijadikan pakan ternak yang sangat memenuhi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak.

"Masa pandemi ini, justru memberikan semangat bagi kaum muda dengan caranya. Adanya pandemi, para sarjana baru tamat studi banyak di desa-desa berkontribusi untuk negerinya. Saya kan mendukung mereka, mendorong untuk menciptakan lapangan kerja dan terus berusaha menjadi wirausaha di tingkat pedesaan. Saya yakin, jika ini terus masif, akan mampu berkontribusi pada pengurangan pengangguran yang hingga saat ini terus bertambah akibat pandemi yang tidak kunjung selesai", jelas Nevi.

Anggota Komsi VI DPR ini mengatakan, pola kegiatan sarjana menerangi desa ini adalah sebuah kegiatan untuk langsung praktik pada kegiatan wirausaha. Usaha ini adalah usaha startup (usaha rintisan milenial) dirintis oleh milenial yang fresh graduated dari lulusan IPB dan perguruan tinggi lainnya, yang memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi.

"Saya akan terus mendampingi mereka dan akan turut berkolaborasi di seluruh  kabupaten Kota daerah pemilihan Sumatera Barat II. Hal positif di masa datang bila ini dikerjakan serius, ikhlas dan penuh dedikasi, semoga akan menjadi kenyataan bahwa negeri-negeri di Indonesia, Sejahtera merata hingga desa-desa", tutup Nevi Zuairina.(***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved