arrow_upward

Musrenbang untuk RKPD 2022, Hidayat Alokasi 1 Miliar untuk Nanggalo

Tuesday, 9 February 2021 : 18:00
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Hidayat (kedua dari kiri) bersama Camat Nanggalo Fuji Astomi dan pejabat lain saat rapat Musrenbang Kecamatan Nanggalo. (ist)

Padang, AnalisaKini.id-Pada anggaran 2022, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar H. Hidayat mengalokasikan Rp1 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Nanggalo, Padang. 

Hal itu diungkapkannya saat Rapat Musrenbang Kecamatan Nanggalo, Selasa (9/2/2021) di Dhave Hotel Berok Raya Kurao Pagang Nanggalo Padang. Pelaksanaan Musrenbang yang dipimpin Camat Nanggalo, Fuji Astomi itu diawali sambutan Wakil Walikota dan Ketua DPRD Padang melalui virtual. Terlihat hadir dari unsur Koramil, Polsek, LPM, seluruh Lurah, RW, RT  se-Nanggalo serta pemuka dan tokoh masyarakat Nanggalo. 

"Setelah mendengar paparan Camat dan usulan peserta Musrenbang, ternyata harapan lebih dominan itu adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan lingkungan dan drainase agar akses dan sanitasi lingkungan lebih lancar dan sehat, maka berdasarkan usulan tersebut saya berketetapan hati untuk memperjuangkan dan mengalokasikan anggaran Rp1 miliar pada APBD 2022 nanti untuk Kecamatan Nanggalo," kata Hidayat disambut tepuk tangan meriah dari peserta. 

Kata Hidayat, silahkan Pak Camat beserta peserta Musrenbang berunding menentukan lokasi dan titik  pembangunannya, "Saya butuh nama lokasi dan titiknya, di Kelurahan mana dan RT berapa serta berapa panjang kebutuhannya. Daftarnya saya tunggu dari Pak Camat saja ya," terang Hidayat. 

Selain itu, juga mengemuka pembangunan untuk merevitalisasi Tugu Tinju di Simpang Tinju yang merupakan episentrum perjuangan pahlawan Bgd. Aziz Chan yang meninggal dunia karena melawan penjajah.

"Tugu Tinju di Simpang Tinju itu merupakan simbol perlawanan dan perjuangan pahlawan kita dalam mengusir penjajah, kita berharap nilai- nilai sejarah itu tidak pupus terlindas zaman dan perlu upaya revitalisasi pembangunan simbol simbol heroik itu agar menjadi catatan dan dokumen sejarah yang tak terlupakan bagi generasi penerus kita," harap Fuji Astomi. 

Harapan tersebut langsung ditanggapi Hidayat dengan antusias, "Spirit kita sama, saya sangat bersemangat bila upaya upaya melestarikan dan mengembangkan nilai nilai sejarah perjuangan para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan bangsa dan negara dari penjajah ini kita seriuskan. Mohon siapkan rancang bangunnya seperti apa, saya berjanji akan mengkomunikasikan dengan 9 Anggota DPRD Sumbar Dapil Kota Padang lainnya untuk bersama sama mewujudkannya. Saya rasa teman-teman DPRD tersebut memiliki harapan dan semangat yang sama dengan forum Musrenbang ini. Saya tunggu Pak Camat ya," tukas Hidayat. 

Di forum Musrenbang juga mengemuka usulan program program pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat seperti usulan wisata air, di sungai sungai yang melewati Nanggalo sehingga bisa dikelola oleh masyarakat atau kelompok kelompok sadar wisata Kecamatan Nanggalo. 

Kemudian, termasuk program-program kebersihan  kompleks perumahan, kegiatan peningkatan kualitas sanitasi kota, antisipasi banjir, dan pengelolan persampahan serta optimalisasi mitigasi bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam. 

Hasil Musrenbang Kecamatan hasil usulan RT dan Kelurahan ini, selanjutnya akan disampaikan sebagai bahan pelaksanaan Musrenbang Pemko Padang. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved