arrow_upward

Mendagri Minta Gubernur Sumbar Siapkan 13 Pj. Bupati/Walikota

Senin, 01 Februari 2021 : 20.10
Iqbal Ramadi Payana.

Padang, AnalisaKini.id- Mendagri meminta Gubernur Sumbar untuk menyiapkan nama-nama penjabat (pj) bupati/walikota di 13 daerah di Sumatera Barat untuk kemudian disampaikan kepada Mendagri dan ditetapkan sebagai pj. kepala daerah.

Kabiro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana, Senin (1/2/2021) di Padang menyebutkan, hal itu disampaikan secara tertulis kepada Gubernur Sumbar dan Gubernur provinsi lain yang kabupaten/kota-nya melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember 2020.

"Rencananya akan dilakukan pelantikan serentak se-Indonesia," kata Iqbal.

Iqbal menyebutkan, khusus di Sumbar, sesuai tahapan dan mekanisme, Pemprov sudah menyampaikan kepada Mendagri terkait dengan hasil Pilkada serentak yang sudah ditetapkan KPU masing-masing. 

Dari 13 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak, delapan daerah sudah ditetapkan oleh KPU masing-masing dan sudah pula diparipurnakan DPRD masing-masing, disampaikan kepada Gubernur. Selanjutnya Gubernur menyampaikan hasil penetapan KPU masing-masing kabupaten, untuk proses SK-nya.

Delapan daerah itu adalah Pasaman, Pasbar, Bukittinggi, Agam, Tanah Datar, Dharmasraya, Solok Selatan dan Kota Solok. Pemenang Pilkada di delapan daerah ini sudah ditetapkan KPU masing-masing.

Sedangkan lima daerah lagi, masing-masing Padang Pariaman, Limapuluh Kota, Sijunjung, Kabupaten Solok dan Pesisir Selatan, hasil Pilkadanya belum ditetapkan KPU masing-masing, siapa pemenangnya, lantaran ada digugat di Mahkamah Konstitusi (MK). (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved