arrow_upward

Mendagri Lantik Hamdani sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Barat

Kamis, 18 Februari 2021 : 11.44

 

Mendagri Tito Karnavian lantik PJ Gubernur, Hamdani dilantik sebagai Pejabat Gubernuran Sumbar dan tiga pj gubernur lainnya, Kamis (18/2/2021) (foto: dok/blp)

Jakarta, AnalisaKini.id-Menteri Dalam Negeri Prof.Dr. Muhammad Tito Karnavian, Kamis (18/2/2021) melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat Gubernur Sumatera Barat Hamdani di Ruang Sasana Praja Bhakti Komplek Kementerian Dalam Negeri , Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta.

Pelantikan yang berlangsung khidmat itu dihadiri oleh pejabat eselon I di lingkungan Kemendagri. Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Sumbar, Hamdani menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri bidang perekonomian dan juga Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal Kemendagri.

Kepada Penjabat Gubernur yang dilantik, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berpesan agar dalam melaksanakan tugas dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

“Tantangan yang akan dihadapi oleh Penjabat Gubernur sangat berat dan besar. Karena itu, jalani dituntut untuk bersungguh sungguh menjalankan tugas dan fungsi selama masa transisi,” ujarnya.

Mantan Kapolri itu juga menyebutkan di daerah pasca pelaksanaan Pilkada, dinamika politik sangat beragam dan dinamis. Karena itu setiap keadaan di daerah harus dimonitor setiap hari dan dikomunikasikan dengan kementrian.

“Dinamika ini harus dihadapi dan dimonitor setiap detik, jadi kepada para Penjabat Kepala Daerah harus menyadari , hitungannya bukan hari atau bahkan minggu, tapi detik per detik,”ujar Tito.

Mendagri juga mengingatkan  pejabat yang dilantik harus menjalankan tugas dengan netral dan tidak terlibat dalam kubu kubuan di daerah. Justru seharusnya para penjabat yang mengemban amanah harus mampu menciptakan situasi yang kondusif.

“Rekan-rekan adalah birokrat senior dan politisi, maka bekerjalah sebaik mungkin, ciptakan situasi yang kondusif dan imbau dan pastikan semua elemen masyarakat mematuhi protokol kesehatan,”ujar Tito.

Selain Hamdani, Mendagri juga melantik Suhajar Diantoro (staf ahli Mendagri) menjadi Pj.Gubernur Kepri, Hari Nur Cahya Murni (Dirjen Bina Administrasi Pembangunan Daerah) sebagai Pj. Gubernur Jambi dan Robert Simbolon (Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan/BPNPP). (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved