arrow_upward

Irwan Prayitno Dikukuhkan Jadi Guru Besar Luar Biasa di UNP

Senin, 15 Februari 2021 : 15.26
Irwan Prayitno menerima penghargaan dari Rektor UNP Prof. Ganefri, usai dikukuhkan sebagai guru besar luar biasa UNP. (ist).

 

Padang, AnalisaKini.id- Universitas Negeri Padang (UNP) mengukuhkan Prof. Dr. H. Irwan Prayitno M.Sc sebagai visiting profesor atau guru besar tamu di Fakultas Psikologi di Auditorium UNP, Senin (15/2/2021) secara daring dan luring.

Dipilihnya Prof. Irwan Prayitno sebagai guru besar luar biasa, menurut penilaian dari UNP sangat layak, karena UNP membutuhkan Guru Besar dalam bidang Psikologi untuk Program Studi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sekaligus juga akan memperkuat proses berdirinya Fakultas Psikologi di UNP.

Selain itu, selama dua periode menjadi Gubernur Sumbar(2010-2015 dan 2016-2021), Irwan Prayitno yang baru saja melepas jabatannya, telah banyak memberikan kebijakan dan kontribusi pemikirannya serta berkiprah untuk pembangunan pendidikan atau pengembangan SDM di Sumbar.

Dalam pengukuhan sebagai guru besar, Prof. Irwan Prayitno juga menyampaikan materi yang berjudul "Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Psikologis dan Hati Nurani" 

(Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19).

Irwan Prayitno menyampaikan, dalam menjalani kehidupan manusia dipastikan  memerlukan proses pembelajaran. Ketika usianya masih anak-anak, manusia mengikuti proses pembelajaran dari orang tuanya. Dan masuk sekolah hingga perguruan tinggi. 

"Pembelajaran adalah proses, namun demikian peran orang tua sangat penting dalam menentukan kesuksesan anaknya mengikuti proses pembelajaran," kata Irwan Prayitno.

Sementara itu, Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. H. Irwan Prayitno M.Sc. Psikolog yang berkenan menjadi guru besar luar biasa dalam bidang psikologi di Auditorium UNP. 

"Beliau merupakan guru besar Universitas Muhammadiyah Jakarta bidang pengembangan SDM sejak 2008. Di sini dikukuhkan sebagai visiting profesor atau guru besar tamu di Fakultas Psikologi UN. Jadi nanti beliau mengajar dan menguji di UNP," terang Ganefri.

Kesediaan Irwan Prayitno , untuk bergabung dan menyumbang ilmunya untuk Pendidikan Psikologi akan memperkuat SDM Dosen UNP, khususnya dalam bidang keilmuan Psikologi, selain itu UNP juga belum memiliki Guru Besar bidang Psikologi. Apalagi Irwan Prayitno merupakan seorang yang ahli dalan pengembangan sumber daya manusia.

"Irwan Prayitno merupakan aset bagi Sumbar yang memiliki prestasi luar biasa. Dengan adanya beliau, Fakultas Psikologi memiliki guru besar yang berkompeten dibidangnya.

Ganefri berharap denga pengukuhan ini, Fakultas Psikologi UNP juga cepat berkembang.

"Karena untuk assesmen OPD di Sumbar, Pak Irwan yang melakukannya sehingga kita berharap dengan ini ada perkembangan yang bagus bagi kita," jelasnya.

Hadir dalam kesempatan itu anggota DPR Dapil Sumbar Nevi Zuairina, yang juga sekaligus istri gubernur Sumbar periode 2010-2021 itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dan guru besar, dosen, perwakilan mahasiswa UNP dan civitas akademika di lingkungan kampus. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved