arrow_upward

Diresmikan Hari Ini! Intip Fakta-fakta Bank Syariah Indonesia

Monday, 1 February 2021 : 14:31


Jakarta, AnalisaKini.id- Sesuai jadwal penggabungan tiga bank syariah dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Bank Syariah Indonesia mulai efektif berjalan tanggal 1 Februari 2021. Agar lebih tahu tentang bank ini, simak fakta-fakta Bank Syariah Indonesia sebagai berikut seperti dikutip dari suara.com.

BSI ini adalah bentukan dari tiga bank syariah yang dimiliki pemerintah melalui tiga bank anggota Himbara, yaitu PT Bank Syariah Mandiri (BSM) anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT BNI Syariah (BNIS) anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT BRISyariah Tbk (BRIS) anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Yuk, cari tahu fakta-fakta Bank Syariah Indonesia di bawah ini.

Berikut ini fakta-fakta atas penggabungan bank syariah yang perlu disimak.

Kehadiran bank syariah terbesar di Indonesia ini, membuat harga saham BRIS terus reli. Jika dihitung secara year to date, saham BR sudah naik 876,05%.

Bank ini langsung akan melesat masuk dalam top 10 bank dengan aset terbesar di Indonesia dan praktis menjadi bank syariah dengan aset terbesar di dalam negeri.

Bank ini ditargetkan bisa memiliki modal inti mencapai di atas Rp 30 triliun atau menjadi bank umum kelompok usaha (BUKU) 4 setidaknya pada 2022.

Soal Aset, Bank Syariah Indonesia akan menjadi salah satu bank syariah di dunia. Nilai aset penggabungan tiga bank tersebut lebih dari Rp 200 triliun.

Kementerian BUMN menyebutkan,  gabungan bank syariah BUMN ini akan memiliki kemampuan untuk merambah perusahaan tinggi yang didukung oleh produk syariah baru yang mampu bersaing dengan global dan menjanjikan bisnis anyar.

Bank Syariah Indonesia siap untuk berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), serta organisasi kemasyarakatan lainnya untuk memajukan pelaku UMKM di Tanah Air.

Karyawan BNIS dan BSM yang bergabung di bank baru ini akan dilanjutkan masa kerjanya, di mana BNIS dan BSM akan mematuhi seluruh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perlu diketahui, bahwa saat ini ketiga bank pelat merah ini setidaknya memiliki jumlah karyawan 20.000 ribu lebih yang tersebar di 1.200 cabang di seluruh Indonesia.

BSI memiliki 1.200 cabang di seluruh Indonesia. Selain kantor cabang, nasabah juga akan difasilitasi dengan 1.700 ATM di seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan lahirnya entitas baru bernama PT Bank Syariah Indonesia Tbk. hari ini, Senin 1 Februari 2021, pukul 13.30 WIB di Istana Negara. Bank Syariah Indonesia akan menjadi nama baru dari BRISyariah, sebagai bank penerima penggabungan.

Jokowi mengatakan  pembentukan bank syariah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat industri keuangan syariah di Indonesia. Entitas baru dari penggabungan tiga bank tersebut diberi nama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dan tetap menggunakan kode saham BRIS, karena entitas suvivornya adalah PT Bank BRISyariah Tbk.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menyebutkan bahwa penetrasi perbankan syariah di Indonesia sangat jauh ketinggalan dibandingkan dengan bank konvensional.(***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved