arrow_upward

Terpapar Corona, Pendiri Freeport Jim Bob Meninggal Dunia

Minggu, 10 Januari 2021 : 18.48

 Jim Bob Moffett.

Jakarta, AnalisaKini.id - Pejabat Universitas Texas (UT) menyatakan Jim Bob Moffett, yang dikenal sebagai wildcatter, dermawan, dan seorang pendukung kampanye lingkungan meninggal dunia dalam usia 82 tahun.

Bob juga adalah salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport-McMoRan Inc, perusahaan yang tercatat di bursa New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode saham FCX, dan induk dari PT Freeport Indonesia.

Di AS, wildcatter dikenal sebagai individu yang jago mengebor sumur tipe wildcat , yaitu sumur eksplorasi minyak yang dibor di daerah yang tidak diketahui sebagai ladang minyak.

Dia meninggal Jumat di Austin, Texas, AS karena komplikasi dari Covid-19.

"Jim Bob adalah seorang legenda bagi [Universitas] Texas. Dia sangat berperan dalam keberhasilan departemen atletik [kampus] kami," kata Chris Del Conte, Direktur Atletik UT, kepada American-Statesman seperti dikutip dari cnbcindonesia.com, Minggu (10/1/2021).

"Dia adalah salah satu 'kucing liar' yang original. Seorang Texas yang legendaris. Seorang tukang minyak [wildcatter]. Dia lebih besar dari kehidupannya. Dia akan sangat dirindukan," katanya.

Putra Moffett, Bubba, mengatakan kepada situs Nola.com, Sabtu kemarin, bahwa ayahnya sudah menderita sakit selama beberapa tahun terakhir sebelum dia tertular Covid-19.

"Dia adalah pahlawanku," kata Bubba, yang kini menjadi presiden Crescent Crown Distributing, sebuah perusahaan bir dan minuman di Lousiana dan Texas.

Mantan Walikota New Orleans Sidney Barthelemy (1986-1994) mengatakan Jim Bob telah berjasa membangkitkan kembali perekonomian New Orleans ketika perekonomian wilayah itu terdampak penurunan harga minyak dunia.

Moffett menyetujui refinancing obligasi senilai US$ 35 juta atau sekitar Rp 490 miliar untuk kurs saat ini, Rp 14.000/US$, untuk pekerjaan infrasrtuktur, taman, dan perpustakaan.

"Dia orang yang baik dan siap membantu. Dia aset yang luar biasa bagi kota ini," kata Barthelemy.

Bill Goldring, pengusaha minuman keras dari New Orleans dan salah satu orang yang mengenal dekat Jim Bob, mengatakan Jim Bob memiliki kepribadian yang keras dan pantang menyerah.

Situs Nola mencatat, Jim Bob lahir di Houma, Louisiana pada 1938. 

Setelah perceraian orang tuanya, ibunya pindah ke Houston membawa Jim Bob dan adiknya ke Houston. Di sana di kuliah di UT dengan beasiswa olahraga football. Dia meraih gelar master di Tulan University, New Orleans.

Pada 1969, Jim Bob mendirikan McMoRan Exploration bersama W K McWilliams Jr and B M Rankin.

Pada 1981, McMoran Oil & Gas Co melakukan merger dengan Freeport Minerals Co dan menjadi Freeport-McMoran Copper & Gold Inc. Pada 1972,Freeport-McMoran kemudian membangun tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, yang menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Jim Bob mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Freeport-McMoran pada tahun 2015 setelah investor Carl Icahn mengakuisisi 8,5% saham di Freeport.

Pada Desember 2018, Holding BUMN Tambang PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID akhirnya menguasai 51,2% saham Freeport Indonesia. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved