arrow_upward

Survei IDM: Demokrat Melejit di Tiga Besar Bersama PDI Perjuangan dan Golkar, Gerindra Justru Anjlok

Sunday, 31 January 2021 : 18:23

 


Banda Aceh, AnalisaKini.id- Jika Pemilu dilaksanakan hari ini, Partai Gerindra kemungkinan bakal tergeser dari partai papan atas peraih suara terbanyak.

Sebaliknya, Partai Demokrat justru melejit ketiga besar, bersama PDI Perjuangan dan Partai Golkar.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring (IDM) yang dirilis, Minggu (31/1/2021).

Survei itu bertujuan untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap kehidupan masyarakat, serta sikap dan opini masyarakat terhadap pemerintahan dan partai politik.

Survei dilakukan pada 10-19 Januari 2021 melalui wawancara per telepon kepada 1.650 responden yang dipilih secara acak (random), dan tersebar secara proposional di 34 Provinsi.

Dari hasil survei itu, diketahui PDI Perjuangan masih tetap berada di posisi teratas yang akan dipilih masyarakat jika pemilu dilaksanakan hari ini.

“Tanpa penyebut nama parpol kepada 1.650 responden, ketika ditanya parpol mana yang akan dipilih jika pemilu digelar hari ini? 16,7 persen memilih PDI Perjuangan,” kata Direktur Eksekutive IDM, Tri Permadi SE, dalam rilisnya seperti dikutip dari serambiindonesia.com.

Posisi berikutnya menyusul Partai Golkar dengan persentase pemilih sebanyak 16,1 persen, berselisih tipis dari PDI Perjuangan.

Pada Pemilu 2019 lalu, PDI Perjuangan dan Golkar memang merupakan partai papan atas dalam hal perolehan suara. Masing-masing berada pada peringkat 1 dan 3.

Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDI Perjuangan meraih 19,33 persen suara, dan Golkar 12,31 suara.

Nah, yang mengagetkan adalah Partai Gerindra dan Demokrat.

Gerindra yang pada Pemilu lalu berada pada peringkat dua dengan perolehan suara 12,57 persen, berdasarkan survei IDM justru anjlok pada posisi 7 dengan persentase pemilih hanya 5,2 persen.

Sebaliknya Partai Demokrat, yang pada Pemilu lalu berada di peringkat 7 dengan persentase suara 7,77 persen, justru melejit pada posisi tiga dengan persentase pemilih sebanyak 11,6 persen.

Setelah Demokrat, posisi berikutnya secara berturut-turut diisi PKB sebanyak 8,9 persen pemilih, PKS 6,6 persen pemilih, dan NasDem 6,2 persen pemilih.

Hasil yang tak jauh berbeda juga ditunjukkan jika kepada para responden disebutkan nama-nama sembilan partai politik yang memiliki kursi di DPR RI.

Sebanyak 18,2 persen responden akan memilih PDI Perjuangan, 18,1 persen akan memilih partai Golkar, 14,2 persen akan memilih Partai Demokrat. Gerindra tetap di posisi tujuh, dengan 5,9 persen pemilih.

PKB juga masih berada di posisi empat dengan 9,7 persen pemilih, diikuti PKS 7,7 persen pemilih, dan NasDem 6,4 persen pemilih.

“Margin of error survei diperkirakan +/- 2.44 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” sebut Tri Permadi.(***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Analisa Terkini - All Rights Reserved