arrow_upward

Politisi Golkar Darul Siska Bantu Korban Banjir Lengayang

Senin, 18 Januari 2021 : 16.44

 

Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar H. Darul Siska serahkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir akibat meluapnya sungai Batang Kambang, Pesisir Selatan. Disaksikan Anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson dan sejumlah tokoh lainnya. (humas).

Lengayang, AnalisaKini.id- Banjir yang melanda Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan akibat meluapnya sungai Batang Kambang, minggu lalu, menimbulkan kerugian bagi masyarakat setempat. Respon dengan keadaan masyarakat yang ditimpa musibah itu, Anggota DPR H. Darul Siska tergerak hatinya. Bantuan berupa 400 paket sembako pun disalurkan, Sabtu lalu.

"Bencana yang dialami warga Lengayang, juga merupakan duka kita. Sebagai wujud peduli sesama, kita mencoba meringankan penderitaan rakyat dengan menyalurkan bantuan sembako. Semoga bermanfaat," kata Darul Siska.

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Golkar ini menyalurkan paket sembako untuk masyarakat di empat nagari yang mengalami dampak parah banjir tersebut. Yaitu Nagari Kambang, Nagari Kambang Utara, Nagari Kambang Timur dan Nagari Kambang Barat.

Dalam kunjungan yang didampingi Camat Lengayang Zoni Eldo, Anggota DPRD Sumbar Zafri Dezon, Danramil dan wakil Kapolsek, Darul Siska  berkesempatan meninjau kawasan pemukiman yang terendam banjir di Nagari Kambang, Nagari Kambang Utara, Nagari Kambang Timur dan Nagari Kambang Barat serta  Sungai Batang Kambang yang rusak dan juga  menjadi penyebab terjadinya banjir.

Darul menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah yang dialami masyarakat di Lengayang dan mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dengan banjir susulan akibat curah hujan di daerah ini masih tinggi. 

Ke depan, Darul mendorong  pemerintah daerah memberikan perhatian serius untuk melakukan rehabilitasi  daerah aliran Sungai Batang Kambang karena banjir akibat meluapnya sungai ini sudah sering terjadi.

"Saya minta Pemerintah Kabupaten harus segera berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian terkait, agar pengelolaan sungai dari hulu sampai ke hilir bisa dilakukan secara baik dan terencana, untuk melindungi  masyarakat di daerah ini agar terhindar dari musibah banjir musiman akibat meluapnya Sungai Batang Kambang ini," ucap Darul.

Sementara itu Camat Lengayang Zoni Eldo, yang didampingi Awaluddin, Walinagari Kambang Barat, Irmawardi Walinagari Kambang, Yenita Herda Walinagari Kambang Timur, dan Ulsabri Walinagari Kambang Utara menyampaikan terima kasih yang mendalam atas perhatian dan bantuan yang diberikan Darul Siska kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Lengayang. 

"ami atas nama pemerintahan dan masyarakat kecamatan Lengayang menyampaikan apresiasi dan penghargaan, sebagai wakil rakyat Sumbar di DPR beliau datang memberi perhatian  kepada masyakat dan dengan semangat yang tinggi beliau hadir menemui warga  langsung membagikan bantuan secara simbolis di setiap nagari," katanya.

Bantuan 400 paket sembako ini membantu masyarakat dan pemerintahan kecamatan dalam penanganan dampak banjir dan akan langsung didistribusikan oleh walinagari kepada masyarakat di daerah masing-masing.

Camat juga melaporkan banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Kambang ini sudah sering terjadi dan selalu menimbulkan kerugian yang besar bagi masyarakat Lengayang.

Karena itu perlu dukungan semua pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga masyarakat untuk rehabilitasi aliran sungai ini.

"Kami berharap bapak Darul Siska ikut membantu memediasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat agar keinginan  kami dan warga untuk rehabilitasi sungai ini bisa terealisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama," harapnya. 

Diberitakan sebelumnya pada Jumat (8/1) dini hari telah terjadi banjir bandang di Kec. Lengayang  yang mengakibatkan 2.470 unit rumah  terendam,  merusak tiga unit rumah  dan satu jembatan roboh dan menggenangi ratusan hektar sawah dan  kawasan pertanian milik masyarakat. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved