arrow_upward

Kubu Mualim Siap Buktikan TSM yang Mereka Nilai Gembosi Suara di Sidang MK

Friday, 22 January 2021 : 20:45
Paslon Mulyadi-Ali Mukhni.


Padang, AnalisaKini.id
-Tim kuasa hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mulyadi-Ali Mukhni siap menghadapi sidang perdana sengketa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar di Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang rencananya digelar pada Selasa (26/1/2021) pukul 08.00 WIB.

Salah seorang kuasa hukum nomor urut 1 itu, Veri Junaidi mengatakan pihaknya sudah mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP) beserta alat bukti ke MK. Permohohan mereka pun sudah teregistrasi dengan nomor 129/PHP.GUB-XIX/2021.

Pada sidang perdana, pihaknya berada dalam posisi menyampaikan dan mendalilkan ke MK mengenai dugaan pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) mengenai penetapan tersangka Mulyadi yang diduga dipaksakan dalam waktu menjelang pemilihan.

“Soal kesiapan, pastinya Pak Mulyadi dan tim kuasa sudah siap. Jadi, besok Selasa itu kan posisinya tinggal menyampaikan, menjelaskan, dan mendalilkan ke MK mengenai pelanggaran TSM yang berdampak terhadap hasil Pilkada,” ujarnya Jumat (22/1/2021).

Lebih lanjut, Veri mengungkapkan, pada sidang perdana, dalil permohohan signifikan yang disampaikan tim kuasa hukum yaitu penetapan tersangka Mulyadi menjelang pemungutan suara kuat dugaan memiliki tujuan lain dari penegakan hukum pemilu.

“Yakni diduga untuk menggembosi elektabilitas Mulyadi yang menjelang pemungutan cukup tinggi. Dalil inilah yang nantinya akan kami buktikan. Mulai dari unsur terencananya, pelibatan struktur penegak hukum, hingga dampaknya masif mempengaruhi hasil pemilu,” ucapnya seperti dikutip dari padangkita.com

Sebelumnya diberitakan, Mulyadi-Ali Mukhni meminta MK untuk membatalkan keputusan KPU Sumbar soal penetapan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy sebagai peraih suara terbanyak di Pilgub serta memerintahkan KPU Sumbar untuk melakukan pemungutan suara ulang di seluruh TPS dalam Pilgub Sumbar.(***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Analisa Terkini - All Rights Reserved