arrow_upward

Jubir Covid-19 Jadi Orang Keempat, Gubernur Irwan Prayitno Batal Jadi yang Pertama Divaksin di Sumbar

Kamis, 14 Januari 2021 : 12.12

 

Irwan Prayitno.

Padang, AnalisaKini.id-Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno batal menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 hari ini. Penyuntikan untuk Gubernur ditunda berdasarkan arahan dari dokter.

Sedianya, Gubernur juga ikut divaksin yang dilakukan dalam acara Pencanangan Vaksinasi Covid-19 tingkat Provinsi bersama Forkopimda di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (14/1/2021).

Irwan Prayitno mengatakan dirinya dihubungi oleh dokter sebelumnya. Berdasarkan arahan dokter dari hasil pemeriksaan kesehatan Gubernur belum bisa divaksin.

“Jadi jangan heran, untuk sementara tidak prioritas, kemaren saya masih semangat sampai tengah hari, tapi kemudian diberitahukan saya sebaiknya tidak dulu,” ujar Irwan Prayitno.

Menurut dia, dirinya memang masuk daftar tahap untuk divaksin hari ini, namun kemarin sudah melalukan cek kesehatan ke dokter karena syarat untuk divaksin tahap pertama adalah yang betul-betul sehat.

“Tadi malam saya dapat surat, untuk tahap pertama ini saya belum bisa divaksin,” katanya.

Irwan menambahkan, menurut dokter orang yang memiliki riwayat hipertensi, apalagi  komorbit itu itu tidak prioritas untuk divaksin.

"Jadi ditunda sementara sampai nanti memungkinkan untuk divaksin,” ujarnya.

Meski demikian, ia mengingatkan  pemberian vaksin adalah usaha pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Pemberian vaksin akan dilakukan terus, kecuali kepada orang-orang yang tidak memenuhi syarat kesehatan.

“Mungkin virusnya tidak akan hilang, akan ada nanti terkena satu-satu, tetapi dengan vaksin usaha kita menghilangkan pandemi,” katanya.

Diketahui, orang yang pertama divaksin Sinovac adalah Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gadjah Mada. Kemudian diikuti oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, Ketua IDI Sumbar dr.Pom Harry Satria, Sp.OG, Dandeskesyah Letkol CKM Zulfikar, Kepala Balai Besar POM Firdaus Umar, Kepala Laboratorium Pusat Dianogstik dan Riset Penyakit Infeksi FK Unand, Dr. Andani Eka Putra, Ketua PERSI Sumbar Dr. Yusirwan. Jubir Covid-19 Pemprov Sumbar Jasman Rizal menjadi orang keempat di Sumbar yang disuntik vaksin Sinovac. Disusul sejumlah pejabat lainnya. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved