arrow_upward

Gaji PNS Molor, Ini Biang Keroknya

Selasa, 12 Januari 2021 : 19.07
Ilustrasi PNS.

Jakarta, AnalisaKini.id-PNS di beberapa daerah mengalami keterlambatan gaji. Seperti diketahui gaji PNS biasanya cair pada awal bulan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian menyebut bahwa sebagian besar pemerintah daerah sudah gajian.

Namun jika terjadi keterlambatan, Ardian mengatakan ada beberapa penyebabnya. Mulai dari belum tuntasnya pembahasan APBD, penyesuaian sistem baru hingga adanya struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) baru di beberapa daerah.

“Ada pemda yang masih membahas APBD. Ada pemda yang masih mengurai gaji tiap ASN yang selama ini dilakukan secara manual di drop ke SKPD namun dengan transaksi non tunai harus kirim ke masing-masing rekening ASN dan lain-lain. Banyak sekali faktor,” katanya Selasa, (12/1/2021) seperti dikutip dari okezone.com.

Beberapa daerah menyebut keterlambatan ini disebabkan oleh adanya perubahan sistem pengelolaan gaji dari Sistem Informasi Badan Kepegawaian Daerah (SIBKD) menjadi Sistem Informasi Pengelolaan Daerah (SIPD). Salah satunya Pemko Padang menyebut,  keterlambatan gaji disebabkan perubahan sistem ini.

Terkait hal tersebut, Ardian mengatakan hal tersebut lebih disebabkan oleh oleh kendala input di daerah. Dia mengatakan SIPD memang mengharuskan daerah menginput NPWP dan NIK pegawainya.

“Untuk Kota Padang itu sebetulnya disebabkan oleh SOTK baru sehingga terlambat. Kalau SIPD ini memang harus memasukan NPWP dan NIK untuk memastikan ASN taat pajak dan statusnya masih aktif. Jadi SIPD bertujuan agar keuangan daerah lebih akuntabel,” pungkasnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved