arrow_upward

Blackbox Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Selasa, 12 Januari 2021 : 16.50

 


Jakarta, AnalisaKini.id- Kotak hitam atau blackbox pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, telah ditemukan. Blackbox berisi data penerbangan yang bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Penemuan blackbox ini berdasarkan pantauan reporter CNN Indonesia yang sedang berada di lokasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu. Blackbox sedang diangkut menggunakan KRI Rigel ke Posko JICT, Tanjung Priok.

Sebelumnya, Komandan Satuan Tugas Laut Operasi SAR Sriwijaya Air 182 Laksamana Yayan Sofyan mengungkapkan update terkini pencarian blackbox Sriwijaya Air SJ 182. Menurut dia, titik pencarian oleh tim SAR gabungan, termasuk tim dari TNI Angkatan Laut, semakin dikerucutkan.

"Pencarian blackbox sekarang dipersempit. Ada beberapa spot menjadi alternatif prioritas dari 5 menjadi 3 prioritas," kata Yayan dalam keterangan pers di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (12/1/2021) seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Pencarian itu, menurut dia, didukung oleh scan sonar dan multibeam echosounder (MBES). Dari sana dilakukan analisis sehingga memberikan kepada tim penyelam.

Perihal kabar blackbox tertimbun puing-puing Sriwijaya Air SJ 182, Yayan membenarkan.

"Sepertinya demikian... Karena tumpukan dan material harus sabar, telaten. Kita bukan mencari tapi menemukan blackbox sehingga bisa dianalisis dan kita ketahui penyebab kecelakaan," katanya. (***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved