arrow_upward

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumbar Tebar 8.500 Benih Ikan

Thursday, 3 December 2020 : 21:07
Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumbar Muhayatul bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri dan pejabat lainya siap-siap menebarkan benih ikan garing di Taratak, Kecamatan 4 Nagari Bayang Utara. (humas).

Padang, AnalisaKini.id-Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Muhayatul menebarkan 8.500 ekor bibit ikan garing di Taratak Kenagarian Koto Ranah Kec. 4 Nagari Bayang Utara, Pesisir selatan, Kamis (3/12/2020).

Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar ini tak hanya menebarkan benih ikan saja, tapi juga menyerahkan bantua pakan ikan kepada masyarakat setempat.

Menurut dia, bantuan ini merupakan upaya penambahan stok ikan tangkapan di perairan umum dan guna melestarikan sumber daya ikan di lingkungan masyarakat sehingga, nantinya kebutuhan masyarakat terhadap protein ikan terpenuhi dengan cukup.  

Disebutkan, ikan garing sendiri merupakan ikan endemik dari Sumbar. Penebaran bibit ikan garing itu juga dilakukan dalam rangka melestarikan ikan endemik dari Sumbar, karena ikan itu sudah mulai punah.

Harapan dari masyarakat setempat dengan dilakukannya penebaran bibit ikan garing ini, selain tujuan bermuatan ekonomi yaitu meningkatkan kesejahteraan pebudidaya, juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar lokasi.

Di samping itu, akan muncul kesadaran masyarakat dan lingkungan sekitar untuk terus menjaga kebersihan sungai-sungai yang telah ditebari ikan gariang.

Muhayatul menyebutkan, bantuan benih ikan garing itu kepada masyarakat juga dalam rangka recovery ekonomi pasca pandemi Corona. Sebab sejak mulai melanda Sumbar, termasuk Pesisir Selatan, banyak masyarakat terkena dampaknya dan ekonomi merosot.

"Petani dan nelayan juga terkena. Makanya, DPRD Sumbar sepakat bersama Pemerintah Provinsi untuk mengalokasikan dana APBD untuk kegiatan recovery ekonomi, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Di sini kita salurkan bantuan benih ikan garing," kata mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini.

Dalam kesempatan itu hadir kelompok masyarakat penerima bantuan, walinagari, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri, Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan dan sejumlah tokoh masyarakat. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :


Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved