arrow_upward

Presiden Jokowi Resmi Umumkan Reshuffle Kabinet, Ada Enam Menteri Baru, Ini Nama-namanya

Selasa, 22 Desember 2020 : 16.02

 

Presiden Joko Widodo. (ist).

Jakarta, AnalisaKini.id-Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). Ini merupakan perombakan pertama pada periode kedua kepemimpinan Jokowi. Setidaknya ada enam nama yang masuk kabinet Indonesia Maju untuk menggantikan pejabat lama.

"Pada hari berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Pak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi di Istana melalui siaran virtual, Selasa (22/12/2020).

Sekitar Juni lalu, Jokowi sempat mengingatkan menteri dan petinggi negara di Kabinet Indonesia Maju bahwa dirinya tak gentar melakukan reshuffle. Kala itu, Jokowi bicara demikian lantaran tidak puas menyaksikan kinerja menteri yang dianggapnya bekerja biasa-biasa saja padahal di tengah pandemi virus Corona.

Sebulan belakangan wacana perombakan kabinet mengemuka, apalagi setelah dua menteri Jokowi dicokok petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo serta Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara selama dua pekan berturut tertangkap tangan atas dugaan kasus rasuah.

Ini nama-nama menteri yang diumumkan Presiden Jokowi adalah 

1. Tri Rismaharini yang sebelumnya Walikota Surabaya ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P. Batubara.

2. Sandiaga Uno yang sebelumnya Wagub DKI ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

3. Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya Wakil Menteri BUMN sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Agus Putranto.

4. Yaqut Cholil Qoumas, Ketua GP Ansor ditunjuk sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

5. Wahyu Sakti Trenggono yang sebelumnya Wakil Menteri Pertahanan ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

6. M. Lutfi yang sebelumnya dubes RI di Amerika Serikat, ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Mereka direncanakan akan dilantik, Rabu (23/12/2020) di Istana Negara. Jakarta. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved