arrow_upward

Masalah Pertanian, Mahyeldi Selalu Beri Solusi

Tuesday, 1 December 2020 : 18:31

 

Cagub Sumbar, Mahyeldi bersama masyarakat Nagari Sungai Abang. (ist)

Lubuk Alung, AnalisaKini.id-Perhatian Calon Gubernur Sumbar nomor urut 4, Mahyeldi terhadap petani tak hanya janji belaka. Mahyeldi sudah membuktikannya. 

Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas ini sudah menjawab permasalahan yang dihadapi petani.Pertanian menjadi sektor yang terkait dengan hajat hidup masyarakat Sumbar. Sebagian besar masyarakat menggantungkan ekonomi dari sektor 

pertanian. Hal itu terungkap saat Mahyeldi bersilaturrahmi dengan masyarakat Nagari Sungai Abang, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman, Selasa (1/12/2020). Aspirasi yang disampaikan masyarakat lebih banyak terkait persoalan pertanian.

Masyarakat meminta kepada Mahyeldi untuk memperhatikan pertanian. Selain itu, penciptaan lapangan kerja juga menjadi keluhan masyarakat karena masih banyak angkatan kerja yang pengangguran. Masyarakat juga meminta bantuan alat-alat untuk membuat batu bata yang menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat.

Menanggapi keluhan masyarakat, Mahyeldi langsung memberi solusi. Persoalan irigasi menurutnya akan diselesaikan dengan alokasi APBD yang memadai untuk pertanian. Mahyeldi bertekad mengalokasikan APBD Sumbar minimal 10 persen untuk sektor pertanian.

Masalah pupuk, Mahyeldi punya solusi mendorong swasta untuk membuat pabrik pupuk. "Kita mendorong pengusaha untuk mendirikan pabrik pupuk. Alhamdulillah, kita sudah melakukannya di Kota Padang," ujar Mahyeldi.

Untuk masalah pengangguran dan modernisasi alat produksi batu bata, Mahyeldi punya solusi dengan menggerakan entrepreneur milenial. Mahyeldi bersama Calon Wakil Gubernur, Audy Joinaldy bertekad melahirkan 100 ribu entrepreneur milenial. Entrepreneur ini tak hanya menciptakan lapangan kerja, tapi juga akan bergerak dalam mengelola usaha dengan baik, termasuk melakukan modernisasi alat produksi untuk berbagai bidang usaha.

Penciptaan lapangan kerja juga dengan menggerakan sektor pariwisata. Pariwisata menjadi perhatian bagi Mahyeldi. "Kita akan menciptakan wisata kelas dunia dan wisata unggulan yang tersebar di 19 kabupaten dan kota di Sumbar," jelas Mahyeldi.

Solusi yang diberikan Mahyeldi disambut antusias oleh masyarakat. Erik, ketua pemuda setempat mengakui Mahyeldi sangat perhatian terhadap generasi muda. Hal itu terlihat dari program entrepreneur milenial yang digagas Mahyeldi.

Edwar, ketua kelompok tani setempat berharap Mahyeldi bisa menjadi Gubernur Sumbar. "Semoga Buya Mahyeldi menjadi gubernur yang memperhatikan masyarakat menengah ke bawah," ujar Edwar. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved