arrow_upward

Hasil Sementara Pilkada Sumbar, Golkar dan PAN Jawara

Saturday, 12 December 2020 : 10:04

 


Padang, AnalisaKini.id- Hitungan sementara hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur serta 13 kabupaten/kota  di Sumatera Barat hingga Sabtu pagi (12/12/2020), menempatkan Partai Golkar dan PAN yang paling banyak unggul. Dari 14 daerah (1 provinsi dan 13 kab/kota), paslon yang diusung Partai Golkar dan PAN unggul di enam daerah.

Sedangkan parpol pemuncak Pileg 2019 lalu seperti sang juara Gerindra, peringkat dua PKS, dan peringkat tiga, Demokrat belum ada seperti yang dicapai Partai Golkar. Golkar pada Pileg 2019 yang hanya berada di peringkat lima besar, berbenah diri dan mengusung figur yang sesuai harapan rakyat, Pilkada 2020 ini membuahkan hasil.

"Untuk sementara, Alhamdulillah, paslon yang diusung Golkar menang di Solok Selatan, Limapuluh Kota, Pasaman, Dharmasraya, Sijunjung dan Bukittinggi. Bahkan tiga di antaranya kader Golkar. Yaitu Khairunas yang juga Ketua Partai Golkar Sumbar di Solok Selatan, Benny Utama di Pasaman dan Syafaruddin Dt Rajo Bandaro di Limapuluh Kota," terang Juru Bicara Partai Golkar Sumbar Agus Wanto.

Berdasarkan hasil sementara Pilkada baik yang disajikan KPU dalam Sirekap maupun sumber-sumber lain, PAN juga sukses di enam daerah. Yaitu Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Agam, Kota Solok, Pasaman dan Pesisir Selatan.

Di Padang Pariaman, Ketua PAN setempat Suhatri Boer yang berpasangan dengan Rahmang unggul. Di Agam, Ketua PAN setempat Andri Warman yang berpasangan dengan Irwan Fikri, kader Demokrat juga menang. Di Kabupaten Solok, Ketua DPP PAN Epiyardi Asda yang berpasangan dengan Jon Firman Pandu, Ketua Gerindra setempat unggul untuk sementara.

Di Pessel, PAN berkoalisi dengan Gerindra, Berkarya, Perindo dan PBB mengusung Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah menang. Di Kota Solok, PAN berkoalisi dengan PKS dan NasDem mengusung Zul Elfian-Ramadhani Kirana Putra juga unggul. Di Pasaman, PAN bersama sejumlah parpol lain, mengusung Benny Utama (kader Golkar)-Sabar (kader Demokrat) menang melawan kotak kosong.

Bisa tujuh kalau paslon Hamsuardi-Risnawanto di Pasaman Barat unggul pula. Saat ini paslon yang diusung koalisi PKS, PDI-P dan PAN ini masih berpacu sengit dengan paslon Yulianto-Syafrial.

Untuk paslon Partai Gerindra sebagai pemenang Pileg di Sumbar, sukses di Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Tanah Datar, dan Bukittinggi.

Di Tanah Datar, Gerindra berkoalisi dengan Demokrat mengusung Eka-Richi Aprian unggul cukup jauh.  Begitu juga di Bukittinggi, Ketua Gerindra setempat Erman Safar berpasangan dengan Marfendi, koalisi Gerindra, PKS dan Golkar unggul cukup jauh.

PKS unggul di Pilgub Sumbar, Mahyeldi-Audy diusung koalisi PKS dan PPP, kemudian, Pasaman, Limapuluh Kota, Bukittinggi dan Kota Solok. Kemungkinan bisa enam daerah, jika paslon Hamsuardi/Risnawanto menang di Pasaman. Paslon ini diusung PKS, PDIP dan PAN.

Sementara Demokrat,  menang di Solok Selatan, paslon Khairunas-Yulian Efi diusung oleh Golkar, PPP dan Demokrat. Lalu di Tanah Datar, dan di Agam. Koalisi PAN-Demokrat menang juga di Pasaman (Paslon Benny-Sabar). Bisa empat, jika paslon Yulianto-Syafrial unggul di Pasaman Barat.(***)






Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved