arrow_upward

Dokter Cantik Verna Inkiriwang Sah Jadi Bupati Poso

Sunday, 20 December 2020 : 15:08
Verna Inkiriwang.


Poso, AnalisaKini.id-Verna Inkiriwang resmi menjadi bupati terpilih  Poso, Sulawesi Tengah usai penetapan rekapitulasi suara KPU Kabupaten Poso, Rabu (16/12/2020).

Dokter cantik kelahiran Manado bersama pasangannya calon wakil bupati Yasin Mangun, berhasil meraih 61.326 suara. Keduanya menjadi jagoan usungan Partai Demokrat, PAN, Hanura dan Perindo.

Dalam pleno KPU, dua pesaingnya tertinggal jauh dalam perolehan suara. Pasangan Darmin-Amjad Lawasa hanya meraih 53.319 suara dan pasangan Samsuri-Toni Sowolino hanya kebagian 10.694 suara.

Dikutip dari newsantara.com, rapat pleno penetapan KPU dipimpin Ketua KPU Poso Budiman Maliki bersama anggota Komisioner lain.

Verna Inkiriwang merupakan perempuan pertama yang terpilih menjadi Bupati Poso.

Bernama lengkap Verna Gladies Merry Inkiriwang, gadis kelahiran 27 November 1983 ini mengikuti jejak ayahnya, Piet Inkiriwang yang juga pernah menjabat Bupati Poso (2005-2015).

Putri tercinta pasangan Piet Inkiriwang- Ellen Pelealu ini merupakan mantan anggota DPR RI dari partai Demokrat (2009-2019) Daerah Pemilihan (Dapil) provinsi Sulawesi Tengah.

Tahun 2009, alumni SMAN 1 Manado ini berhasil meraih 54.016 suara. Hasil itu mengantarkannya ke senayan sebagai anggota DPR RI termuda dari Fraksi Partai Demokrat.

Lima tahun berselang, dia kembali terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode dengan raihan suara lebih meyakinkan dengan 74.983 suara.

Dalam debat antar pasangan calon bupati/ wakil di KPU, Verna-Yasin berjanji akan mengentaskan masyarakat Kabupaten Poso dari jurang kemiskinan.

“Jika terpilih, kami akan meningkatkan harmoni sosial di kalangan masyarakat dari desa dan kota. Kami akan meningkatkan kesejahteraan petani yang masih terpinggirkan,” janji Inkiriwang.

Dia juga berjanji segera menyelesaikan gangguan keamanan yang sudah lebih dari 20 tahun tak selesai.

“Pemimpin harus mampu berkoordinasi dengan semua stakeholder. Berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI dan BNPT, Komisi I dan III DPR RI. Kami bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat akan menemui presiden,” tambahnya.

Istri Royke Kaloh ini pernah terpilih sebagai runner up dalam ajang Miss Indonesia 2007, waktu itu dia mewakili Provinsi Sulawesi Tengah. Verna Inkiriwang juga pernah meraih gelar nona Manado dan Noni Sulawesi Utara.

Hal menarik, Inkiriwang ini sempat masuk nominasi menjadi Wakil Bupati Minahasa Selatan untuk berpasangan dengan Franky Wongkar.

Nama Verna Inkiriwang masuk dalam delapan nama yang diundang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulut untuk mengambil formulir calon bupati/wakil Bupati Minsel. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :


Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved