arrow_upward

Disparbud Padang Tingkatkan Pelaku Ekonomi Kreatif Di Tengah Pandemi

Jumat, 04 Desember 2020 : 18.27

 

Plt. Walikota Padang Hendri Septa memberikan sambutan dalam Bincang Kreatif dengan tema "Kreatif di Masa Pandemi". (humas).

Padang, AnalisaKini.id-Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Padang, Pemerintah Kota Padang bertekad untuk terus berupaya bangkit dan keluar dari bencana non alam tersebut. 

Sebagaimana Covid-19 sejauh ini telah berdampak buruk terhadap berbagai aspek terutama sektor ekonomi.

Menyikapi hal itu, Pemko melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar kegiatan Bincang Kreatif dengan tema "Kreatif di Masa Pandemi" di Hotel Axana Padang, Kamis siang (3/12/2020). 

Acara ini diselenggarakan bersumber dari dana hibah Kementerian Pariwisata. Pesertanya diikuti terdiri dari para akademisi, pebisnis, praktisi di sektor pariwisata serta pelaku ekonomi kreatif, unsur pemerintah dan media di Padang.

Hendri Septa menyampaikan, kegiatan Bincang Kreatif di Masa Pandemi ini sangatlah tepat dilakukan. Melalui kegiatan ini diharapkan semoga akan melahirkan gagasan-gagasan dan kreatifitas, khususnya dalam pengembangan ekonomi kreatif masyarakat Padang di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya.

"Kita tentu berharap, di tahun 2021 semoga bisa keluar dari pandemi tersebut. Minimal kita lebih baik dari tahun ini," harapnya sewaktu membuka kegiatan.

Hendri pun menilai kegiatan bincang kreatif ini merupakan salah satu solusi bagi kemajuan ekonomi kreatif di  Padang. 

"Mari kita lakukan apa yang bisa kita bahas dan lakukan dalam acara bincang kreatif ini. Semoga masing-masing kita melahirkan ide-ide kreatif yang berdampak positif bagi kemajuan ekonomi kreatif di kota tercinta ini," tutur dia.

Sementara itu, Kadisparbud Arfian menyebutkan, pengembangan kepariwisataan sejatinya merupakan hal pokok yang mesti diperhatikan, walaupun di tengah pandemi Covid-19. 

"Oleh karenanya, optimalisasi dan kreativitas disebut menjadi pilar dalam pengembangan ekonomi kreatif di Padang," sebutnya.

Terkait kegiatan bincang kreatif kali ini jelas Arfian, memiliki beberapa tujuan terutama dalam rangka temu 'sharing' dan dialog kreatif dari kalangan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media dalam menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan sinergitas dari seluruh pihak terkait dalam pengembangan ekonomi kreatif serta menyusun program strategis dalam menstimulus kreatifitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif di Padang. 

"Tujuan lainnya adalah menjadikan acara bincang kreatif sebagai wadah komunikasi dan koordinasi dalam kemajuan ekonomi kreatif di Padang. Sebagaimana terdapat 17 sub sektor pelaku ekonomi kreatif di Padang. Dan yang paling berkembang adalah subsektor kuliner," paparnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved