arrow_upward

Survei Voxpol: Mahyeldi-Audy Sosok Pemimpin Paling Religius di Sumbar

Rabu, 18 November 2020 : 10.40

 


Jakarta, AnalisaKini.id- Direktur Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, sosok yang religius adalah salah satu modal penting yang harus dimiliki kandidat untuk meraih simpati dan dukungan pemilih di Sumatera Barat. Sebagai daerah yang memegang teguh adat budaya dan nilai keagamaan dengan falsafah "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah" karakter masyarakatnya cenderung menjadikan pemimpin yang religius sebagai salah satu dasar utama pertimbangan dalam menentukan pilihan politiknya.

Menurut Pangi, berdasarkan data temuan terbaru hasil survei Voxpol Center Research and Consulting pada Pilgub Sumbar , 2-12 November 2020 menunjukkan persepsi masyarakat Sumatra Barat terhadap kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur menempatkan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai sosok pemimpin yang paling religius di antara kandidat lainnya. Rinciannya dengan raihan perolehan sebesar 37,5 persen, disusul Mulyadi-Ali mukni sebesar 19,5 persen, Nasrul Abit-Indra Catri 17,8 persen Fakhrizal-Genius Umar 4,3 persen, sementara yang masih merahasiakan jawaban 11,5 persen dan tidak tahu tidak menjawab sebesar 9,5 persen.

"Data ini menunjukkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy punya kesempatan mendapatkan dan meraih dukungan yang lebih luas dari masyarakat Sumatra Barat yang terkenal sangat religius, itu artinya pasangan ini punya kans dan peluang lebih besar memenangkan  kontestasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 9 Desember 2020 mendatang," kata Pangi saat menyampaikan hasil temuan Voxpol Center Research and Consulting seperti dikutip dari republika.co.id,Rabu (18/11/2020).

Pangi menjelaskan, perilaku memilih (voting behavior) dalam pengambilan keputusan untuk memilih atau tidak memilih kandidat calon Kepala Daerah di dalam suatu pemilihan umum (to vote) maka voters akan memutuskan memilih atau mendukung kandidat tertentu.

Pemilih sosiologis, memutuskan karena faktor agama dan tingkat relijiusitas sebagai faktor-faktor sosiologis yang dianggap mempengaruhi pilihan pemilih dalam pemilu. Dengan demikian pemilih Sumatra Barat terkenal dari pemilu ke pemilu tingkat relijiusitas sangat lah tinggi.

"Hal ini tentu saja akan menguntungkan calon kepala daerah yang tingkat religiusitasnya tinggi seperti tergambar dalam  temuan hasil survei," kata Pangi.

Pangi mengatakan, timnya mencoba membuatkan simulasi pertanyaan dalam bentuk koesioner, menurut bapak/ibu/saudara/i di antara nama-nama berikut  siapakah calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat yang paling religius? dalam temuan survei Voxpol Center menunjukkan pasangan Mahyeldi-Audy  calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang paling religius.

Ketua tim pemenangan Mahyeldi-Audy, Mochklasin bahagia dengan hasil survei lembaga nasional dan kerap menjadi narasumber di berbagai televisi nasional.

"Ini membahagiakan dan menjadi energi baru bagi tim dan relawan untuk terus bekerja dan berikhtiar memenangkan paslon Mahyeldi-Audy. Insyaallah," katanya.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved