arrow_upward

Santunnya Mahyeldi Tinggikan yang Lebih Tua

Minggu, 15 November 2020 : 17.55

 





Cagub Sumbar, Mahyeldi duduk bersila di hadapan ulama senior Padang Panjang, Buya Azhar. (ist).


Padang Panjang, AnalisaKini.id
-Calon Gubernur Sumbar nomor urut 4, Mahyeldi melanjutkan silaturrahminya menyapa masyarakat Sumbar ke negeri berjuluk Serambi Mekah, Padang Panjang. Sosok yang dikenal sebagai buya ini menyambangi masjid tertua di Kota Padang Panjang, yaitu Masjid Asasi Nagari Gunung.

Kedatangan Mahyeldi menjelang shalat Magrib. Karena itu, sesampai di masjid, buya langsung diminta oleh jemaah menjadi imam.

Sebagai seorang walikota di ibukota Provinsi Sumbar, sekaligus seorang ulama, mengimami shalat merupakan perkara biasa bagi Mahyeldi. Namun, ketika hendak menuju ke arah mimbar, di shaf bagian depan tampaklah sesosok yang tak biasa. Ulama senior Padang Panjang, Buya Azhar hadir ketika itu. Ulama kharismatik itu duduk di shaf depan dengan kursi dan ditemani sebuah tongkat.

Mahyeldi langsung menghampiri Buya Azhar. Tak sungkan, ia duduk bersila di hadapan Buya Azhar yang duduk di atas kursi. Gestur Mahyeldi menunjukkan seperti meminta restu untuk menjadi imam shalat berjamaah petang itu.

Sikap Mahyeldi tersebut mematik apresiasi dari dari masyarakat yang hadir. Walau sebagai walikota dan calon Gubernur Sumbar, Mahyeldi tetap menunjukkan kerendahan hatinya di hadapan sosok yang lebih tua. Kesantunan Mahyeldi menjadi inspirasi bagi kaum muda yang ramai menghadiri shalat Magrib berjamaah itu.

Setelah mengimami shalat Magrib berjamaah, Mahyeldi berkesempatan menyampaikan tausiah. Uniknya, walaupun kegiatan itu merupakan agenda biasa selepas shalat Magrib, jemaah malah sangat antusias mendengarkan ceramah sang buya. Jemaah berasal dari latar berbeda, dari yang tua sampai yang muda. Termasuk juga jemaah emak-emak yang memadati shaf bagian belakang.

Dalam tausiahnya, Mahyeldi menekankan pentingnya membentuk generasi yang kuat. Masa depan daerah ini ditentukan oleh orang muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan. "Kalau kita ingin generasi muda kuat, maka kita harus peduli dengan generasi ini," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi memotivasi anak-anak muda dan kaum milenial agar terus meningkatkan kualitas diri. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan iman dan taqwa. "Rajin-rajinlah belajar dan bermanfaat bagi orang lain," nasehat Buya Mahyeldi.

Sosok Mahyeldi selalu dekat dengan ulama, masjid, dan surau. Dalam setiap kesempatan turun ke masyarakat, ia selalu menyapa jemaah di masjid dan surau. Seperti dalam kunjungan ke Kabupaten Pasaman, Sabtu (14/11/2020) kemarin, Mahyeldi menyampaikan ceramah Subuh di Masjid Nurul Huda Kampung Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi menguraikan makna Surat An-Nisa ayat 69 tentang patuh kepada Allah SWT, meneladani Rasulullah SAW, dan berjalan lurus dalam kehidupan. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved