arrow_upward

Rasakan Jerih Petani, Mahyeldi Makan di Sawah

Minggu, 08 November 2020 : 20.39

 

Cagub Sumbar, Mahyeldi makan di sawah bersama petani. (ist).

Payakumbuh, AnalisaKini.id- Dengan baju kaos berlengan panjang, Mahyeldi menyisir pematang sawah yang dikelilingi padi menguning. Sudah saatnya panen. Calon Gubernur Sumbar nomor urut 4 yang akrab dipanggil buya itu ikut panen padi bersama petani.

Dunia pertanian bukan hal asing bagi Mahyeldi. Kehidupan masa kecil, hingga menjadi sarjana pertanian, soal bermandi lumpur dan terik matahari bukan barang baru baginya. Mahyeldi tampak lihai memainkan sabit, manampih, mengangkat karung gabah sampai peluh mengucur di sekujur tubuhnya. Sambil melepas lelah, Mahyeldi tak sungkan duduk di tengah sawah sambil menikmati makanan dan segelas air putih pelepas dahaga.

Pemandangan itu tampak saat Mahyeldi berkunjung ke Kelompok Tani Sawah Tuah Sakato, Kota Payakumbuh pada Rabu (4/11/2020) lalu. Mahyeldi merasakan jerih petani untuk memperjuangkan nasib mereka.

Tak hanya ikut panen, Mahyeldi juga bertukar pikiran soal pertanian dengan anggota kelompok tani. Menurut Mahyeldi, untuk memajukan pertanian dan peternakan, ia bertekad mengalokasikan anggaran APBD Sumbar menimal 10 persen. 

Mahyeldi menyampaikan bermacam rencananya memajulan pertanian di Sumatera Barat. Mahyeldi menyebutkan akan menyelesaikan irigasi yang bagus. Memperbaiki bibit. Menurutnya, bibit yang sering dipakai rentan terkena hama. Dari sisi pemasaran produk pertanian, ia bertekad membangun BUMN yang bisa menampung produksi pertanian, sehingga harga produk pertanian menjadi stabil.

Pertanian dan peternakan menjadi sumber utama denyut nadi ekonomi Sumatera Barat. Tak dapat dipungkiri, sebagian masyarakat di daerah ini bergantung pada sektor pertanian. Mahyeldi yang menggandeng Audy Joinaldy, anak muda yang merupakan pengusaha sukses bidang pertanian dan peternakan memberi perhatian khusus pada pengembangan dua sektor ini di Sumatera Barat. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved