arrow_upward

Peduli UMKM, Mahyeldi Borong Pisang Goreng hingga Terong

Rabu, 25 November 2020 : 20.56

 

Cagub Sumbar, Mahyeldi mencicipi pisang goreng sambil berdialog dengan pedagang. (ist).



Tanah Datar, AnalisaKini.id-Blusukan ala Calon Gubernur Sumbar nomor urut 4, Mahyeldi benar-benar menarik perhatian masyarakat. Sosok yang akrab dipanggili buya itu blusukan ke Pasar Rao Rao dan Pasar Sungai Tarap, Tanah Datar. Di pasar, Mahyeldi mencicipi pisang goreng dan ikut mempromosikan ikan bilih, produk unggulan UMKM setempat yang berasal dari Danau Singkarak.

Mahyeldi mengunjungi Pasar Sungai Tarab, Rabu (25/11/2020). Di pasar, Mahyeldi menyapa pedagang dan pengunjung.

Mahyeldi tertarik dengan dagangan emak-emak di pasar. Ia pun memborong anak cabai dan terong. Sayuran yang dibeli langsung dibagikan kepada masyarakat yang berkunjung ke pasar.

Pedagang pisang goreng juga menarik perhatian Mahyeldi. Walikota Padang yang sedang cuti itu pun mencicipi pisang goreng. Mahyeldi menikmati pisang goreng yang baru keluar dari kuali. Untuk itu, Mahyeldi tak sungkan duduk menunggu di dekat tungku.

Sebelumnya, Mahyeldi berkunjung ke Pasar Rao Rao, Nagari Rao Rao. Di pasar ini, Mahyeldi sengaja melihat produk khas nagari. Terletak di dekat Danau Singkarak, ikan bilih menjadi kuliner khas yang dijual di Pasar Raorao.

Ikan bilih adalah ikan yang tak ada duanya. Ikan ini merupakan ikan endemi yang hanya berkembang di habitatnya, Danau Singkarak. Mahyeldi berkesempatan mencicipi ikan bilih yang biasanya digoreng. Tak hanya mencicipi, Mahyeldi juga ikut mempromosikan kuliner khas Danau Singkarak ini.

Pedagang martabak manis ketiban durian runtuh dengan kedatangan Mahyeldi. Sambil berdialog dengan pedagang, Mahyeldi memborong martabak untuk dicicipi oleh masyarakat yang berkunjung ke pasar.

Apresiasi terhadap produk lokal menjadi perhatian Mahyeldi. Terutama, produk lokal yang menjadi usaha masyarakat dengan skala UMKM. Mahyeldi berkomitmen terhadap keberpihakan pada UMKM. Sebanyak 250 ribu UMKM di Sumbar menjadi fokus untuk dikembangkan. 

Mahyeldi sendiri memulai rangkaian kegiatan di Tanah Datar dari Masjid Darul Falah, Lompatan Datar Barulak. Di masjid ini, Mahyeldi mengisi ceramah Subuh. Dalam ceramahnya, Mahyeldi menekan pentingnya mempersiapkan generasi pemimpin. Mengutip surat An-Nisa ayat 59, Mahyeldi menyebutkan bagaimana membentuk generasi pemimpin itu dengan meneladari Rasulullah SAW.

Menyiapkan pemimpin masa depan bisa dimulai dari lingkungan masing-masing. "Kita harus menyiapkan pemimpin masa depan dengan membina para remaja di lingkungan kita," ujar Mahyeldi.

Untuk mendidik generasi masa depan itu, maka dibutuhkan implementasi adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah. "Mendidik para pemuda itu sesuai dengan ABS SBK," tambah Mahyeldi. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved