arrow_upward

Momentum Maulid Nabi, Nasrul Abit Minta Anak Muda Sumbar Rajin Datangi Masjid

Selasa, 03 November 2020 : 19.40

 

Nasrul Abit saat memberikan sambutan.

Padang, AnalisaKini.id- Calon Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, meminta agar generasi muda di Ranah Minang mau mendatangi masjid untuk membekali diri dengan ibadah dan ilmu agama. Ia menyebut bekal agama sangat penting diberikan kepada anak-anak, apalagi saat ini teknologi semakin canggih. Karena itu, ilmu agama dapat menjadi benteng pertahanan diri sendiri.

“Di tengah perkembangan zaman, anak-anak harus memiliki perlindungan dari diri sendiri. Hal itu bisa didapat jika ilmu agamanya kuat,” kata saat menghadiri acara Maulid Nabi di Masjid Jabal Rahmah, Kuranji, Padang, Minggu (1/11/2020).

Menurutnya, masjid dan taman pendidikan Alquran merupakan wadah utama untuk anak-anak belajar ilmu agama. Ia melihat bahwa saat ini di masjid-masjid cukup jarang ditemui anak-anak muda.

“Saya sudah sering berkeliling Sumbar. Di masjid-masjid mayoritas masyarakat yang sudah lanjut usia,” ujarnya.

Ke depan, kata Nasrul Abit, harus ada komitmen bersama untuk merancang strategi bagaimana anak-anak muda mau datang ke masjid dan tempat lainnya yang mampu memberikan pembekalan agama. Siapa pun pemerintahnya, persoalan ilmu agama mesti menjadi perhatian. Menurutnya, hal itu menjadi tanggung jawab bersama, baik orang tua, tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun pemerintah.

“Jika tidak dibekali ilmu agama yang cukup, anak-anak muda kita kelak berpotensi tergerus perkembangan zaman,” tuturnya.

Ia berpendapat  pembekalan ilmu agama juga berdampak pada karakter individu. Ketika anak-anak sudah dewasa dan menghadapi era globalisasi saat ini, hal itu akan menjadi benteng dari dirinya sendiri.

“Saat ini misalnya sekolah dalam jaringan (online), ada potensi anak-anak tidak diawasi penuh oleh orang tua ketika berselancar di dunia maya,” ucapnya.

Nasrul Abit tidak menafikan saat ini teknologi dibutuhkan dan anak-anak muda tidak bisa dihambat untuk mengaksesnya. Namun, menurutnya, yang terpenting ialah kontrol dari keluarga terhadap penggunaan teknologi itu. Oleh sebab itu, ia berharap orang tua meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak karena teknologi juga bisa berdampak buruk kepada generasi muda. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved