arrow_upward

Diperjuangkan Asli Chaidir, Batipuh Panjang Bangun Jalan Lewat Program Keserasian Sosial

Kamis, 26 November 2020 : 21.44
Anggota DPR Asli Chaidir, Kadis Sosial Sumbar diwakili Linjamsos Irwan Basyir, pejabat Dinsos Padang, dan sejumlah tokoh masyarakat resmikan jalan di Batipuh Panjang yang dibangun melalui program keserasian sosial. (ist).

Padang,  AnalisaKini.id- Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, mendapatkan program keserasian sosial yang diinisiasi Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Dana tersebut dipergunakan untuk pembangunan jalan penghubung antara RT I, RW VI menuju RW 16.

"Warga Kelurahan Batipuh Panjang ini harus bersyukur, sebab dari 104 kelurahan yang ada di  Padang, Batipuh Panjang di antaranya memperoleh dana program keserasian sosial dari Kemensos RI," ujar Anggota DPRD Padang, Rustam Efendi, Kamis (26/11), saat peresmian jalan tersebut.

Disebutkan, Kelurahan Batipuh Panjang mendapatkan program ini, tak lepas dari perjuangan anggota DPR Asli Chaidir di Jakarta. Asli berada di Komisi VIII yang salah satu mitra kerjanya adalah Kementerian Sosial. Anggota DPRD Padang Rustam Effendi pun berjuang dan melobi Asli Chaidir agar program tersebut diarahkan di Batipuh Panjang.

"Alhamdulillah, terkabul. Ini tidak terlepas dari kekompakan dan kebersamaan warga Batipuh Panjang. Pembangunan selesai dan sekarang peresmiannya," kata dia.

Menurut Rustam, pada dialog tematik dengan tema "Memperkuat Silaturrahim dalam Membangun Kehidupan yang Harmonis di Masyarakat", dia mengatakan pemerintah tiap tahun mengucurkan dana dari APBN untuk program keserasian sosial buat kelurahan dan desa.

Bantuan uang tunai dari Kemensos RI itu diterima Forum Keserasian Sosial Kelurahan. Dana itu dikucurkan ke rekening forum. Untuk setiap kelurahan memperoleh Rp100 juta yang dibagi untuk fisik dan non fisik.

"Program pemerintah itu dimaksudkan, untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi nilai dasar kebersamaan. Bantuan yang diberikan ini supaya  kebiasaan gotong royong tetap terjaga," ujar kader PAN ini.

Sementara itu Anggota Komisi VIII DPR, H. Mhd Asli Chaidir mengapresiasi kinerja forum keserasian sosial peduli lingkungan dan masyarakat Kelurahan Batipuh yang telah bekerjasama demi terwujudnya dan kelancaran program keserasian sosial tersebut. 

"Sekarang jalan sudah dibangun dan diresmikan. Semoga bermanfaat dan akses masing-masing RT di sini, makin lancar," kata Anggota DPR dari Fraksi PAN ini.

Kepala Dinas Sosial Sumbar yang diwakili Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Irwan Basyir mengatakan, adanya program keserasian sosial ini tidak terlepas upaya gigih Anggota DPR Asli Chaidir di Senayan.

"Sudah banyak yang beliau perjuangkan untuk Sumbar. Saya tahu persis karena kami sering koordinasi dengan Kementerian Sosial termasuk dengan Pak Asli sendiri. Makanya kami berharap warga terus menjaga kekompakan dan kebersamaan, karena disitulah lebih mudah masuk berbagai program pemerintah," terangnya. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved