arrow_upward

Asli Chaidir : Penting Membumikan Pancasila di Era Pandemi Covid-19

Thursday, 12 November 2020 : 19:18
Anggota DPR/MPR dari Fraksi PAN, Asli Chaidir menyosialisasikan empat pilar bangsa dengan tema membumikan Pancasila di era pandemi Covid-19. (givo).

Padang, AnalisaKini.id-Pancasila sangat penting dalam rangka menghadapi globalisasi dan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Tanpa Pancasila, akan kesulitan menghadapi masalah yang diakibatkan oleh globalisasi dan pandemi Covid-19 itu sendiri. 

"Globalisasi dapat membawa dampak positif maupun negatif. Masyarakat Indonesia di era globalisasi tidak dapat menghindar dari arus derasnya inovasi, informasi, canggihnya teknologi informasi, telekomunikasi serta tatanan ekonomi dunia yang mengarah pada pasar bebas," kata Anggota DPR/MPR dari Fraksi PAN, H. Mhd Asli Chaidir, Kamis (12/11).

Dalam acara sosialisasi empat pilar itu, Asli menyebutkan, globalisasi mengancam eksistensi kepribadian bangsa. Indonesia saat ini berada pada pusaran arus globalisasi dunia, namun bangsa dan negara Indonesia tak mesti kehilangan jati diri, kendati hidup di tengah tengah pergaulan dunia. 

Rakyat yang tumbuh di atas kepribadian asing mungkin saja mendatangkan kemajuan, namun akan membuat rakyat tersebut menjadi asing dengan dirinya sendiri. Mereka kehilangan jati diri yang sebenarnya sudah jelas tergambar dari nilai nilai luhur Pancasila.

Dengan Pancasila, sebut Asli nilai- nilai negatif yang merupakan dampak dari globalisasi tersebut dapat difilter dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Dijelaskan, Pandemi Covid-19 merupakan musibah global dan harus dihadapi dan diselesaikan. "Bangsa kita patut berbangga diri karena di masa pandemi Corona seperti saat ini, bangsa kita masih mempunyai ideologi yang sangat kuat dan berwibawa yakni Pancasila sebagai dasar negara dan lembaran harian untuk berpedoman menjalankan hidup," kata Asli.

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh beberapa perwakilan masyarakat itu, Asli berpesan agar Pancasila bukan hanya sekadar sebagai sebuah simbol dan lambang negara semata, Pancasila adalah sebuah nilai dan rasa yang sangat luas dan besar yang patut dijaga sampai kapanpun serta untuk selalu dirawat.

"Sebab dengan nilai-nilai Pancasila inilah kita masih bisa mempertahankan kedaulan bangsa dengan segala permasalahan dan keadaan di masa pandemi Corona. Kita masih bisa merasakan nilai-nilainya sehingga hidup dengan penuh rasa kesatuan dan tanggung jawab. Pandemi Corona ini sedang menguji rasa solidaritas dan gotong-royong bangsa ini, "terangnya. 

Di sinilah bangsa ini harus mulai sadar dan merasakan itu semua, Pancasila telah  memberikan dampak yang positif terhadap Nusantara ini. Hal tersebut bisa dilihat di mana semua kalangan saling membantu satu sama lain untuk menghadapi bersama pandemi Corona.(***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved