arrow_upward

Cagub Sumbar Mahyeldi Dorong Potensi Pemuda Majukan Daerah Minang

Rabu, 28 Oktober 2020 : 13.19

 

Mahyeldi.


Padang, AnalisaKini.id-
Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi akan mendorong potensi dan keterlibatan pemuda untuk memajukan daerah Minang.

Hal tersebut disampaikan oleh calon Gubernur yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada momentum peringatan sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).

"Kita akan menciptakan lahirnya 100 ribu pengusaha muda atau milineal entrepreneur dengan langkah teknis melalui akademi entrepreneur bidang IT, link investor dan regulasi Kepala Daerah melalui perbankan bantuan modal pemuda millineal," ujar Mahyeldi, Rabu (28/10/2020).

Disamping mencetak entrepreneur milineal, dirinya juga akan mendirikan Young Center yakni usat berkumpul pemuda dan millineal) berkelas nasional.

"Dimana mereka yang memiliki fashion religius (agama Islam) akan diarahkan kebijakan pemberdayaan Masjid Raya Sumbar dan tempat ibadah terpilih sebagai pusat kreasinya," tegas dia.

Mahyeldi menambahkan, bagi pemuda millneal yang memiliki fashion seni dan budaya maka akan didorong pengembangan dirinya di taman budaya, gedung budaya Sumbar misal musik, teater, grafis, lukis, dance dan lainnya.

"Jika anak muda, milineal ini memiliki fashion sport (hobi olah raga) diarahkan kegiatan di GOR Bung Hatta Sumbar, terletak di Sikabu Lubuk Alung. Padang Pariaman atau di Gor Haji Agus Salim Kota Padang," ungkap dia.

Ia melanjutkan, nantinya Young Center akan dikembangkan lebih luas lagi, bisa juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sumbar untuk memperluas cakupan.

"Karena pemuda, milineal memiliki tangung jawab besar sebagai pemimpin di masa depan, mereka akan memiliki tangung jawab sebaga sosok kaderisasi kepemimpinan daerah negara, dan bangsa," ungkap dia.

Mahyledi yang kini menjabat Walikota Padang akrab disapa Buya dalam kesehariannya berkomitmen melanjutkan program percepatan realisasi atau penerapan Undang-undang kepemudaan yang sudah diturunkan melalui Perda kepemudaan nomor 12 Tahun 2017 di Sumatera Barat.

"Dimana lembaga kepemudaan akan diberikan perlakuan atau regulasi khusus seperti KNPI, Karang Taruna, Pramuka dan OKP lainnya dengan baik dikemudian hari. Perlakuan tersebut akan dimintak juga Pemda Kabupaten/Kota untuk membuat Perda Kepemudaan serupa," imbuhnya.

Tidak hanya itu, kata dia, sebagai sarana mendorong kaum muda, millineal bisa aktif, dan berkreasi untuk mencetak pemimpin baru dari ranah Minang ini.

"Semua kepedulian tersebut akan disempurnakan dengan Paslon Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy terpilih di Pilkada Sumbar 2020," tutur dia.

Ia menegaskan, dirinya bersama Audy juga akan memberikan anggaran sempurna untuk pemuda, millineal tersebut.

"Akan juga memberikan kesempatan masuk dalam Tim Kajian Strategis Pemerintahan Propinsi Sumbar. Terakhir akan diberikan lapangan kerja/koneksitas khusus melalui jaringan para pengusaha, perbangkan dan investor. Semua gagasan tidaklah muluk-muluk dipaparkan seperti diatas," ungkap dia.

Ia memastikan, semua bisa direalisasikan melalu kebijakan visi dan misi yang akan dituangkan dalam RPJM provinsi untuk dilaksanakan.

"Karena APBD Propinsi Sumbar terbatas maka disini juga akan didorong lahirnya pihak ketiga sebagai motor penyempurna gerakan. Jika semua pemikiran diatas bisa diwujudkan, ada keyakinan kejayaan Sumatera Barat, Minangkabau bisa hadir kembali seperti zaman kemerdekaan," katanya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved